Relokasi Sinabung Butuh Lahan Pertanian dan Berbagai Sarana

0
292

Bernard Pangaribuan 3siosar 4B. KURNIA PARGAULAN P. KABANJAHE. Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dalam sambutannya pada acara serah terima rumah relokasi Sinabung di Siosar hari ini [Senin 5/5] mengatakan, saat ini, sudah disaksikan hasil kerja keras TNI Kodam I Bukit Barisan. Telah diselesaikan103 unit rumah pemukiman relokasi yang siap ditempati.

“Relokasi merupakan solusi dari sebagian permasalahan penanggulangan bencana erupsi Sinabung yang masih pada Status Siaga (Level III). Dari 7 desa yang akan direlokasi saat ini, baru 1 desa yang dapat direlokasi yaitu Bekerah. Ini masih 103 dari 370 rumah tinggal yang harus dikerjakan pada tahap pertama. Tahap ke dua akan dibangun 1.683 unit rumah melalui dana rehabilitasi dan rekonstruksi,” kata Terkelin.

Lebih lanjut kata Terkelin, serah terima ini bukan berarti permasalahan yang dihadapi telah selesai.

“Masih dibutuhkan lahan pertanian serta sarana-sarana pendidikan, kesehatan dan sosial bagi masyarakat yang direlokasi di sini,” ujarnya.

Mengenai kondisi Sinabung yang masih belum dapat diprediksi dan aktivitas vulkanik yang tinggi, menurut Terkelin mengakibatkan masyarakat Karo masih membutuhkan bantuan dari Pusat. Ini karena, jelas Terkelin, kondisi pertanian masih terpuruk sehingga diperlukan berbagai solusi untuk membangkitkan kembali kekuatan sosial ekonomi masyarakat yang terkena dampak erupsi Sinabung.

“Pemkab Karo sangat berharap Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi serta semua stake holder dapat terus mendukung penanggulangan dampak erupsi Sinabung, khususnya berbagai infrastruktur yang terkena lahar dingin Sinabung. Kami sangat mengharapkan bantuan dari pusat dan provinsi seperti alat berat serta peralatan lainnya untuk mengatasi kerusakan infrastruktur itu,” ujar Terkelin penuh harap.

Di penghujung kata sambutannya, Bupati Karo atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Karo mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas perhatian dan bantuan Pemerintah Pusat, TNI, Pemprovsu, dunia usaha/ swasta, lembaga-lembaga keagamaan serta lembaga-lembaga masyarakat lainnya dan seluruh komponen bangsa.


Leave a Reply