Serah Terima Rumah Relokasi Sinabung

1
241

Bernard Pangaribuan 3siosar 1B. KURNIA PARGAULAN P. KABANJAHE. Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Syamsul Maarif menyerahkan 103 unit rumah pemukiman relokasi korban erupsi Gunung Sinabung kepada Pemkab Karo di Siosar (Kecamatan Merek) [Selasa 5/5].

Dari Pusat hadir dalam acara penyerahan rumah-rumah relokasi itu adalah Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Dr. Siti Nurbaya Bakar, Ketua Komisi VIII DPR RI Saleh Partaonan Daulay, Ketua Komite II DPD Parlindungan Purba SH MM serta perwakilan dari kementerian Pekerjaan Umum, perwakilan dari Kementerian Sosial dan perwakilan dari Kementerian ESDM RI.

Dari tingkat provinsi hadir Gubsu Ir. Gatot Pujo Nugroho, Pangdam I/ BB Mayjen TNI Edi Rahmayadi, dan Kapoldasu Irjen Pol drs. Eko Hadi Sutedjo SH Msi.

Dari tingkat kabupaten hadir Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Danrem 023/ KS Kolonel Inf. Fachri, Dandim 0205/TK Letkol TNI Asep Sukarna, Sekdakab Karo Saberina MARS, Ketua dan para anggota DPRD Kabupaten Karo serta para kepala SKPD dan para camat di lingkungan Pemkab Karo.

Hadir juga dalam acara serah terima itu para pengungsi asal Desa Bekerah (Kecamatan Namanteran).

Menteri Lingukngan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya MSc dalam sambutannya menyampaikan salam dari Presiden RI Ir. Joko Widodo yang telah langsung memerintahkan kepada para menteri agar segera bekerja menjaga kesinambungan kehidupan masyarakat Karo dengan segera menyelesaikan masalah yang ada.

“Pusat dan daerah harus bersama-sama menyiapkan kesejahteraan masyarakat Karo. Pemerintah pusat tidak akan membiarkan masyarakat sendirian dalam kesulitan. Semua harus bergandengan tangan menyelesaikan semua masalah. Selanjutnya akan disampaikan kepada Presiden untuk mempersiapkan hal-hal lain seperti pendidikan, kesehatan dan fasilitas lainnya kepada para pengungsi Sinabung,” papar menteri.

Terkait pembangunan rumah pemukiman relokasi korban dan penanganan erupsi Sinabung, Pusat berterimakasih kepada Bupati Karo, DPRD, BNPB dan TNI yang sudah bekerja menyelesaikan masalah yang ada. Siti Nurbaya berharap para pengungsi di lahan yang baru tetap harmonis dengan lingkungan dan menjaga kelestarian hutan di sekitar desa.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan berita acara serah terima rumah dari Pangdam I/BB Mayjen TNI Edi Rahmayadi kepada BNPB Syamsul Maarif yang kemudan diserahkan kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana yang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan penyerahan kunci rumah secara simbolis.


1 COMMENT

  1. Syukurlah 103 unit sudah selesai dan 103 keluarga sudah bisa menikmati rumah sendiri dibandingkan dengan tempat pengungsian berjejal satu ruangan. Tentu masih jauh dari cukup, dan kita mengharapkan kerja sama selanjutnya akan menghasilkan relokasi bagi semua pengungsi.

    MUG

Leave a Reply