Pemilu Inggris: Exit Polls Bilang Konservatif Menang

1
201

electionLORETA KAROSEKALI. LONDON. Exit polls yang dilakukan terhadap Pemilu Inggris yang berlangsung kemarin [Kamis 7/5] menunjukkan kemenangan tak terduga di pihak Partai Konservatif, partai dari Perdana Menteri Inggris yang sekarang, David Cameron.

Adapun urutan selengkapnya menurut Exit Polls ini adalah sebagai berikut: Conservatives 316; Labour 239; Liberal Democrats 10; SNP 58; Ukip: 2.

Exit polls adalah sebuah jajak pendapat (poll) yang dilakukan dengan menanyakan para pemilih tentang apa yang dipilihnya. Pertanyaan disampaikan saat pemilih baru saja keluar dari bilik suara. Dengan begitu, jawaban dari pertanyaan adalah tentang apa yang sudah dipilih bukan tentang apa yang akan dipilih.

Exit polls dilakukan dengan memilih tempat-tempat tertentu serta menggunakan sampel yang diperhitungkan akan mendekati hasil yang sebenarnya. Namun begitu, hasil dari dari exit polls hanyalah memberi indikasi, bukan kepastian, meskipun indikasi yang diberikan exit polls sering sangat dekat dengan hasil yang sebenarnya.

Bila hasil exit polls sama dengan hasil yang sebenarnya maka Partai Konservatif akan memerintah lagi.

Adapun hasil jajak pendapat paling akhir sebelum bilik suara dibuka untuk para pemilih menunjukkan kemenangan di pihak Partai Buruh (Labour).


1 COMMENT

  1. Perubahan pikiran di Eropah dan dunia. Gerakan nasionalisme semakin bergelora, gerakan internasionalisme (sosialis, komunis, Uni Eropah dsb, semua cita-cita ‘multikulti lainnya) tak bisa lagi bertahan. Era The Clash of Civilizations dan The Clash of Emmotions, Era ethnonasionalism didepan mata. Era Kearifan Lokal dan primordialisme di AA.
    MUG

Leave a Reply