Peran Media Mencerdaskan Bangsa

0
227

Joni Hendra Tarigan (Pengalengan, Jabar)

 

tabloid
Di dapur redaksi Tabloid SORA SIRULO

joni hendra tariganInformasi saat ini cepat sekali menyebar ke seluruh lapisan masyarakat dan seperti pepatah “garbage in garbage out“. Kecepatan informasi tentunya menentukan sikap masyarakat terhadap berita yang disebarkan.

Jika berita sampah yang disampaikan, umumnya respon masayarakat juga akan seperti sampah. Sampah dalam artian sikap yang diambil masyarakat itu sebetulnya tidak perlu karena hal yang membuat mereka bereaksi kebenarannya diragukan.

Sebagian masyarakat mengambil sikap menelaah terlebih dahulu kebenaran dari suatu berita, tetapi tipe seperti ini terlalu sedikit dibandingkan dengan yang langsung percaya terhadap berita yang disampaikan.

tabloid 2Bagi kebanyakan masyarakat, mengolah informasi yang begitu berserakan, tentunya membutuhkan waktu dan usaha. Apalagi masyarakat yang seperti pengamat sepakbola yang tak pernah bertanding di lapangan sepakbola, tentunya tidak ada waktu untuk mengolah berita yang diterimanya. Kemugkinan  masyarakat Indonesia pada umumnya memilih posisi pengamat yang belum pernah menyelesaikan permasalahan yang diamatinya.

Dengan kata lain, ia punya solusi yang ia sendiri belum tahu apakah bisa menyelesaikan permasalahan. Mungkin juga sesuai dengan yang namaya “pengamat”, yang dalam bahasa Inggeris adalah observer bukan problem solver yang menyelesaikan masalah.

Dapat dikatakan, untuk membantu masyarakat agar bertindak sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi, maka keakuratan berita yang disampaikan media sangatlah penting. Di sinilah peranan media sebenarnya sangat mulia yakni mewartakan kebenaran. Medialah yang harus mempersiapkan SDM-nya untuk dapat mengolah informasi dan memberikan kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan ke masyarakat.

Misalnya, jika terjadi suatu bencana di suatu pertambangan, maka si reporter harus menyampaikan pendekatan yang bisa dikaji untuk diberitakan. Isi berita yang salah bisa berdampak bagi perusahaan, masyakarat dan lingkungan. Jika memberikan kesimpulan dari bencana tersebut hanya berdasarkan apa yang didengar dari masyarakat, lantas untuk apa si reporter meliput berita tersebut??

SDM media yang mampu menelaah dan memberi kesimpulan yang akurat sangat membantu masyarakat untuk mengetahui dan bersikap terhadap kejadian di sekitarnya.

Semoga media mengambil peranan mencerdaskan kehidupan berbangsa dengan menyampaikan kebenaran dari suatu kejadian.


Leave a Reply