Euro Menanjak Drastis

0
270

euro 2LORETA KAROSEKALI. amsterdam. Nilai mata uang euro kembali menanjak terhadap nilai mata uang dolar Amerika kemarin parin [Kamis 15/5].

Beberapa hari terakhir ini memang merupakan penanjakan tertinggi nilai mata uang Eropa ini sejak hampir 3 bulan.

eurodi perdagangan pagi kemarin mencapai $ 1,1415, setelah sebelumnya menggapai nilai setinggi $ 1,1430. Pada akhir April, mata uang Eropa itu bernilai kurang dari $ 1,10. Bahkan pada bulan Maret lalu untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun euro merosot ke nilai di bawah $ 1,05.

Sebagaimana diberikan beberapa media, kenaikan baru-baru ini terkait dengan keraguan tentang kekuatan pemulihan ekonomi AS. Diperhitungkan, perlu waktu lebih lama lagi untuk di Amerika Serikat untuk meningkatkan suku bunga lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya.

Bulan lalu, ketika ada harapan akan kenaikan suku bunga yang lebih tinggi, dollar Amerika Serikut menguat terhadap euro. Tapi, kini, kembali melemah setelah harapan terhadap kenaikan suku bunga dianggap tidak logis lagi.

Jadi, meskipun media-media Eropah memberitakan kenaikan nilai tukar euro, ini sebenarnya hanya konsekwensi langsung dari merosotnya nilai tukar dollar.


Leave a Reply