Kolom M.U. Ginting: SUDAH CANDU

0
361

M.U. Ginting 2canduBagi orang yang sudah candu atau mabuk Narkoba, otaknya sudah tak lagi normal. Tak bisa membedakan baik atau jahat. Membunuh atau dibunuh, bunuh diri atau bunuh orang lain tak ada bedanya, anak-anak atau dewasa. Anak sendiri atau anak orang lain, apalagi hanya menelantarkan anak-anaknya.

Mereka itu bukan lagi manusia dalam pengertian normal. Lantas bagaimana menghadapi orang-orang ini?

Keraguan selalu muncul kalau masih menganggap mereka ini berwatak seperti manusia biasa, yang berakibat bisa mengorbankan anak-anaknya atau siapa saja yang dekat dengannya. Tak perlu ada keraguan, orang-orang ini harus langsung bisa ditangani badan rehabilitasi, paksa atau sukarela. Kalau ketemu di jalan harus cepat dijauhi. Jangan diskusi atau debat dengan orang-orang ini.

Yang lebih penting lainnya ialah, pengedar narkoba harus diakhiri dengan pengawasan dan hukuman berat. Hukuman-hukuman mati yang terakhir ini pastilah sudah ada efeknya, setidaknya mengurangi peredaran yang dikendalikan dari penjara, sekiranya mereka masih di penjara.

Banyak dari pengedar ini yang tak ingin dihukum mati, karena itu sudah harus mikir dulu sebelum mengedarkan narkoba. Harus jadi perhitungan juga bahwa ada juga pengedar yang tak urusan sama hukuman mati, tak pernah ada kapoknya. Itu juga harus diterima apa adanya, tidak semua orang tak mau dihukum mati. Tak soal, asalkan program pembasmi pengedar Narkoba terus jalan.


Leave a Reply