80% Jagung di Lausolu Disikat Menci 

0
336

foto nggunturtikus 3NGGUNTUR PURBA. MARDINDING. Kurang lebih 80% tanaman jagung di lahan pertanian warga Desa Lausolu (Kecamatan Mardinding, Kabupaten Karo) rusak akibat diserang hama menci (tikus).

Hama tikus ini telah terjadi sejak beberapa bulan. Warga pun terus melakukan pemburuan tikus karena sudah sangat meresahkan  para petani jagung yang berada di Lausolu.

Selain merusak buah muda jagung, tikus-tikus bahkan  mematikan hektaran tanaman jagung. Mereka merusak akar tanaman jagung yang sedang menunggu untuk dipanen beberapa minggu lagi.

Menurut Kepala Desa Lausolu,  kurang lebih 80% lahan pertanian jagung di desanya mengalami kerusakan setelah diserang hama tikus saat ini. Akibatnya, para petanai mengalami kerugian yang sangat besar mengingat tanaman jagung mereka sudah tidak lama lagi akan dipanen.

tikusSemantera itu, untuk mengantisifasi terus berkembangya hama tikus,  pihak UPT Penyuluhan Pertanian Kabupaten Karo telah memberikan racun tikus kepada para petani  untuk melindungi tanaman mereka dari serangan  hama tikus yang saat ini sangat meresahkan itu.


Leave a Reply