Mabes Polri dan PPBS Bantu Korban Sinabung Bertani

0
258

Bernard Pangaribuan 3bernard 1B. KURNIA PARGAULAN P. KABANJAHE. Mabes Polri bersama LSM Perkumpulan Persaudaraan Berastagi Sejahtera (PPBS) sepakat membatu 20 KK untuk bertani di Puncak 2000 Kacinambun (Kecmatan Merek). Program ini berlangsung selama dalam proses rekonstruksi perbaikan kehidupan para warga yang menjadi korban erupsi Sinabung. Akan dikembangkan sesuai dengan kemampuan dan kekuatan kedua pihak sebagai wujud rasa peduli sebangsa dan setanah air Indonesia.

Demikian disampaikan Kasubdin Polmas Baharkam Mabes Polri, M. Elia, kepada wartawan di Kabanjahe [Rabu 20/5]. Saat mengatakan ini, M. Elia didampingi oleh Kombes Ricky F. Wakanno, Kapolres Tanah Karo AKBP Viktor Togi Tambunan serta Pimpinan PPBS Jakarta, Efendy Hansen Sinulingga, dan Alex Candra Singarimbun.

Adapun Efendy Hansen Sinulingga yang lajim disapa dengan nama Hansen ini mengatakan, pihaknya sangat bersukacita dan bahagia dapat melakukan sesuatu yang berarti atau berguna bagi sesama, khususnya yang sedang mengalami musibah seperti para saudara kita korban erupsi Sinabung di 5 kecamatan dan 23 desa.

“Kita tahu sendiri, musibah ini telah berlangsung panjang. Dampaknya harus diterima dengan lapang dada atas adanya 3 desa yang harus direlokasi dari sekitar Zona Merah,” kata Hansen.

Akibat musibah ini, tutur Hansen lebih lanjut, sudah pasti terjadi perubahan yang besar bagi warga terdampak. Mereka harus meinggalkan pekerjaan sebagai petani di sekitar gunung. Adapun areal relokasi yang sekarang masih memerlukan waktu panjang untuk dapat ditanami.

Atas dasar pertimbangan itulah, Polmas Polri dengan PPBS sepakat memberikan bantuan berupa peminjaman lahan pertanian beserta modal bibit dan pupuk yang dibutuhkan sampai panen. Diharapkan warga dapat mengulirkan ke keluarga lainnya yang membutuhkan. Telah disepakati untuk tahap pertama diberikan kepada 20 KK yang dipilih melalui survei tim lapangan dari PPBS bekerjasama dengan perwakilan Kabanjahe. Pertemuannya telah dilaksanakan di Mapolres Tanah Karo [Sabtu 16/5], disaksikan Dansatgas Pembangunan Rumah Huni Siosar, Kolonel Josua Ginting dan Komunitas Kompak Pers Karo Bernard Kurnia PP.

Masry br Bangun alias Nande Nadya, didampingi Johannes Ginting, Nimai Sitepu dan Mimin Ginting, warga Desa Bekerah sebagai penerima manfaat mengatakan kepada wartawan sangat berterimakasih atas perhatian Pihak Polri dan PPBS yang difasilitasi oleh Kombes Pol Ricky F. Wakanno.

“Ini sangat berarti dalam mendukung semangat hidup kami warga yang direlokasi. Kami memulai hidup dari angka nol. Semua ini menjadikan persaudaraan yang utuh sesuai Pancasila dan UUD 1945 dan hal yang baik dan benar menjadikan mata Tuhan tertuju kepada pelaku beserta keluarganya,” ujar Masry seraya berdoa kepada Tuhan.

Selanjutnya pelaksanaan realisasi dan pelaksanaan bakti sosial peduli sesama bagi warga korban erupsi Sinabung diserahkan kepada Perwakilan di Kota Berastagi dan Kabanjahe, yakni Kapolres Tanah Karo AKBP Viktor Togi Tambunan, Alex Candra Singarimbun (Kabanjahe) dan Atu Sembiring (Berastagi).

Foto head cover: Kombes M. Elia didampingi Kombes Ricky F. Wakanno dan Kapolres Tanah Karo AKBP Viktor Togi Tambunan bersama Ketua PPBS Efendy Hansen Sinulingga disaksikan Dansatgas Pembangunan Rumah Huni Siosar Kolonel Josua Ginting saat berbincang-bincang dengan warga Sinabung di Mapolres Tanah Karo.


Leave a Reply