Pansel Ketua KPK

0
128

Daud S. Sitepu (Papua)

 

daud  sitepuAnggota Komisi III DPR Patrice Rio Capella berharap agar 9 nama panitia seleksi (Pansel) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ditunjuk oleh Preside Jokowi mampu menjaring calon pimpinan KPK yang tak gegabah menetapkan seseorang menjadi tersangka tanpa alat bukti yang kuat.

Saya sependapat sekali pernyataannya. Momok besar sebelum AS dan BW non aktif adalah bahwa KPK tidak pernah salah. Lebih gila lagi, KPK sempat dianggap melebihi malaikat karena apa yang dituduhkan atau disangkakan KPK dianggap pasti benar 100 persen. Tidak ada dalih ataupun alasan tidak terbukti.

Luar biasa, bukan?

Ternyata beberapa contoh dalam pengadilan kita lihat KPK tidak bisa membuktikan seperti disangkakan. Di sini saya melihat beberapa faktor yaitu faktor KPK sudah over confident. Bisa saja hasil rekaman dan data yang kurang valid namun keburu diuumumkan ke publik.

KPK mengandalkan kekuasaannya bisa saja terlepas dari pada suka atau tidak suka. Tapi, janganlah sampai jadi orderan kuasaan tertentu.

Semoga saja dengan adanya Pansel yang berkualitas menghasilkan Ketua KPK yang jujur, berintegritas, berani dan berenergi positif, dan tidak punya kepentingan pribadi yang terselubung kecuali bekerja untuk bangsa dan negara. Tidak pula gegabah mengumumkan sehingga tersangka KPK bisa diri sendiri.

Pria atau wanita tidak masalah, namun yang sepadan dan seimbang antara pria dan wanita lebih bagus. Toh banyak kaum pria dan wanita yang mempunyai kompetensi bagus sebagai Pansel.


Leave a Reply