600 Warga Suku Karo Ikuti Doa #SaveTanahKaro di Medan

0
200
savetanahkaro 2
Perjamuan Kudus berjalan khitmat dalam Doa SaveTanahKaro di pelataran parkir Kantor Gubsu, Medan [Minggu 24/5].

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. MEDAN. Sekitar 600 warga Suku Karo memadati pelataran parkir Kantor Gubernur Sumatera Utara dalam kegiatan Kebaktian Doa Save Tanah Karo hari ini [Minggu 24/5]. Doa bersama ini dilaksanakan dalam rangka meminta Presiden Jokowi membuat Kepres Tim Koordinasi Penanganan, Rehabilitasi, dan Rekontruksi Wilayah Bencana Erupsi Sinabung.

Masing-masing warga Suku Karo yang tergabung dalam Doa #SaveTanahKaro berasal dari beragam organisasi; a.l. Ikatan Mahasiswa Karo (IMKA) dari beberapa kampus di Kota Medan, Persatuan Catur Karo (Percaka) Medan, Pemuda Karo Medan (PKM). Hadir juga puluhan korban erupsi Gunung Sinabung yang berasal dari Desa Gurukinayan yang terletak tepat di kaki Sinabung.

Tampak hadir pula sejumlah tokoh masyarakat Karo yang mendukung Doa #SaveTanahKaro, diantaranya Pdt. Agustinus Purba (Ketua Moderamen GBKP), Ruben Tarigan (Wakil Ketua DPRD Sumut), Tenang Malem Tarigan (Direktur AMIK MBP), Artiya Aksara Brahmana (cucu Bupati Karo yang pertama Rakoetta Brahmana), Gelora Pandia, dan sejumlah tokoh Karo lainnya.

Sebelum melaksanakan Kebaktian dan Perjamuan Kudus di pelataran parkir Gubsu, sebagian massa telah berkumpul di Lapangan Benteng, Medan. Dari lapangan ini mereka melakukan long march ke Kantor Gubernur dengan dipandu oleh iringan musik dan nyanyian lagu-lagu Karo yang dibawakan oleh dua artis Karo, yakni Bejeng Ginting dan Averiana Br Barus.


[one_fourth]dilayani oleh Pdt. Agustinus Purba[/one_fourth]

Puluhan massa yang tiba di Pelataran Parkir Kantor Gubernur Sumut kemudian berkumpul dengan massa yang sebelumnya telah menunggu di sana. Acara Kebaktian dilaksanakan dan dilayani oleh Pdt. Agustinus Purba. Acara kebaktian ini kemudian diakhiri dengan Perjamuan Kudus. Pdt. Agustinus Purba yang juga merupakan Ketua Moderamen GBKP masih tetap melayani Perjamuan Kudus.

Usai Kebaktian dan Perjamuan Kudus, dilanjutkan dengan orasi ilmiah tentang bencana erupsi Gunung Sinabung yang tak berkesudahan di Dataran Tinggi Karo. Orasi ilmiah ini dibuka oleh Ketua aksi #SaveTanahkaro, Heriko Sembiring, dan dilanjutkan oleh Ketua KBK ITB Arya Mehendra Sinulingga, Wakil Ketua DPRD Sumut Ruben Tarigan, dan diakhir orasi dari masyarakat korban erupsi Sinabung yang berasal dari Desa Gurukinayan.

savetanahkaro 3
Meski di bawah terik matahari, Ketua Moderamen GBKP Pdt. Agustinus Purba tetap semangat membawa Kebaktian #SaveTanahKaro di Pelataran Parkir Kantor Gubernur Sumatera Utara, Medan [Minggu 24/5].

Pada kegiatan selanjutnya, ratusan massa aksi doa #SaveTanahKaro mengumpulkan tanda tangan pada sebuah kain putih pajang yang dibentangkan. Tampak semua hadirin turut membubuhkan tanda tangannya pada kain putih yang telah dipersiapkan oleh pihak panitia acara.

Seiring berakhirnya aksi pengumpulan tanda tangan, aksid amai #SaveTanahKaro berakhir di pelataran parkir Kantor Gubernur.


Leave a Reply