Sirulo TV: Gurukinayan Terkini dari Udara

0
416
gurukinayan 9
Pemukiman Gurukinayan dijepret dengan drone dari ketinggian 50 meter [Rabu 27/5]. Drone Photo: Nefo Ginting.

nefo gintingNEFO GINTING. MEDAN. Tim liputan Sirulo TV melakukan sebuah liputan khusus ke Desa Gurukinayan [Rabu 27/5], salah satu diantara beberapa desa di kaki Sinabung yang dilanda bencana erupsi gunung berapi tertinggi di Sumatera Utara ini.

Liputan Sirulo TV terutama sekali dilakukan dengan drone (lihat video di bawah).

Seperti pemirsa bias saksikan dari video ini, kondisi pemukiman Desa Gurukinayan (Kecamatan Payung, Kabupaten Karo) sudah rusak teramat parah akibat terjangan lahar dingin dan awan panas dari Gunung Sinabung. Sampai saat ini, belum ada tanda-tanda gunung ini akan berhenti memuntahkan material lava dan semburan awan panas yang, beberapa waktu lalu, sempat membakar beberapa rumah adat siwaluh jabu dan rumah-rumah keluarga lainnya di Desa Gurukinayan.

Dari tayangan video dapat juga dilihat banyaknya material yang menumpuk di sepanjang aliran sungai. Jika terjadi hujan deras, dikhawatirkan akan terjadi banjir lahar dingin.

Di kolong jembatan dekat pemukiman Gurukinayan, sudah ada penambangan pasir dan batu-batu dari Gunung Sinabung. Perlu diantisipasi ke depan agar dibuatkan dam penampung banjr.

Melihat situasi dan kondisi yang ada sekarang ini, kiranya Desa Gurukinayan mustahil untuk dapat dihuni kembali, apalagi tidak ada jaminan sama sekali kapan Sinabung berhenti erupsi. Tiba-tiba saja dia bisa mengganas menyapu sekeliling dan beberapa saat diam tak bergeming untuk kemudian menggetarkan dunia lagi.

Tak ada gunanya erkune-kune lagi ke masa lalu, mari kita hadapi masa depan bersama penuh antusiasme dan pengharapan, saling bahu membahu antara masyarakat, pemerintah, dan semua pencinta kemanusiaan dan alam.



Leave a Reply