Entah Kenapalah Aku Ini?

0
140

Joni Hendra Tarigan (Pengalengan)

 

eiwans tarigan 3
Foto: Eiwans Tarigan

joni hendra tariganSaya bersama instri sedang menyusun banyak sekali rencana. Mulai dari mendirikan Apotik dan juga usaha lain yang bisa ditumpangkan. Misalnya display “FASHION” , display¬†TIKET PENERBANGAN, display menjual “AYAM dan TELUR KAMPUNG ASLI”, display menyediakan “IKAN TAWAR TANPA RESEP”, display “MENJUAL BERAS MERAH TANAH KARO”, display “MENJUAL SIRUP MARKISAH.

Semua itu didisplay secara elektronik.

Saya pun berandai-andai, omset yang kemungkinan akan diraih bisa mencapai ratusan juta rupiah. Nah, dengan omset yang ratusan juta itu, kami pun berandai-andai expansi Apotik mungkin ke Medan dan juga Tanah Karo. Omset akan berlipat ganda.

Maka saya pun kembali ke angan-angan saya. Seandainya itu tercapai maka kami akan membeli lahan untuk ladang. Sebagian ladang dijadikan hutan, sebagian lagi dijadikan bercocok tanah padi, jagung, jeruk.

Tanah kompos dari pembusukan daun-daun dari hutan bisa dengan mudah dialihkan ke ladang yang ditanami, sehingga kondisi pH tanah tetap terjaga dan menambah daya tahan tanaman terhadap hama, sekaligus keseimbangan ekositem untuk pengendalian hama. Ketika panen tiba dan pasrnya bagus, omset semakin berlipat. Beberapa tahun kemudian ladang yang ditanami pohon bisa panen pohon dan mungkin bisa miliaran rupiah.

Woooo, Mama Tigan sedang membangun mimpi dengan Nande Iting.

Wah, seandainya itu bisa tercapai, maka dengan dana yang cukup aku bisa dengan mudah bekerjasama dengan instansi yg terkait untuk pengembangan pertanian. Misalnya penelitian pengelolaan jenis tanaman tertentu, laboratorium tanah, penelitian pengendalian hama, dan penelitian pengelolaan produk pertaian serta pasarnya. Instansi bisa Pemda atau pun Perguruan Tinggi.

Ehmm, mudah-mudahan ini bisa tercapai. Aku yakin dengan melibatkan IPTEK, kehidupan pertanian akan dengan cepat dapat merubah tradisi pertanian tradisional menjadi pertanian modern.


Leave a Reply