Kbk Itb Berhak Merasa Terpanggil Untuk Karo

0
148

Robinson Ginting Munthe (Jakarta)

 

save tanah karo 19
Foto: Sri Diana Ginting Suka

robinson muntheKetika ikut acara SaveTanahKaro 24 Mei lalu, mulai dari depan Istana Negara sampai Bundaran HI, saya perhatikan semua aktivitas, orasi para tokoh, khotbah Pdt. Ginting dan pembicaraan sesama peserta mengarah pada nasib para pengungsi Sinabung secara khusus dan suku Karo pada umumnya.

Tidak ada pembicaraan yang mengarah pada Pilkada atau orientasi pada Parpol tertentu. Dari awal perkenalannya, saya sudah menduga bahwa dalam perjalanannya nama KBK ITB sebagai pemrakarsa SaveTanahKaro akan mendapatkan semacam kecurigaan, cibiran, tantangan, dianggap “petua-tuaken” atau apalah namanya dari sebagian masyarakat Karo. Tapi, kalau dicermati secara jernih, sebagai bagian dari masyarakat Karo, KBK ITB memiliki hak untuk merasa terpanggil melakukan sesuatu bagi warga Karo; baik kepada pengungsi Sinabung maupun suku Karo secara umum.

Mewakili sebuah institusi terkemuka di bidang pendidikan tentu KBK ITB merasa gebrakannya akan lebih “bergema” mengingat reputasi ITB dan para alumninya yang tersebar di berbagai bidang. Mereka justru “memanfaatkan” reputasi ITB agar gebrakannya lebih bergaung sehingga mata dan telinga para petinggi negeri mengarah pada mayarakat Karo. Jadi, sebetulnya masyarakat Karo tak perlu ragu dengan aktivitas KBK ITB.

Saya pun sebagai alumni Unibraw Malang tak merasa risih berdampingan apalagi curiga pada KBK ITB. Silahkan alumni USU, UI, UGM, dan lain-lain bergabung atau membuat aktivitas yang mengarah pada kemaslahatan Karo secara riil. Nama KBK ITB sepintas kilas memang tampaknya eksklusif, tapi arah, tujuan dan aktivitasnya kan untuk pemberdayaan masyarakat Karo. Toh mereka juga menjalin sinergi dengan yang lain.

Ibarat gendang mburo ate tedeh, anggaplah kali ini panitia pelaksananya dari KBK ITB. Lain kali dari yang lainnya. Kan semua untuk Tanah Karo. Mari saling memanfaatkan untuk kebaikan Karo. Curiga melulu, selain tidak menghasilkan apa-apa, juga akan merusak diri sendiri. Itu juga menunjukkan kapasitas seseorang.


Leave a Reply