Manuk Sangkep Nggeluh di Pesta Mejuah-juah

1
299

astrea purbamanuk sangkep 2ASTREA PURBA. BERASTAGI. Pesta Mejuah-juah diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan kaum muda Karo melestarikan budaya dan tradisinya dengan mengadakan lomba-lomba terkait pelaksanaan tradisi Karo.

Salah satu diantara beberapa bentuk tradisi Karo yang diperlombakan di Pesta Mejuah-juah adalah membuat Manuk Sangkep Nggeluh.

Tradisi membuat Manuk Sangkep Nggeluh biasa dilaksanakan di acara mukul atapun acara setelah pesta perkawinan di loods atau jambur. Untuk menyadarkan bahwa tradisi ini sangat penting bagi Suku Karo, Pemkab Karo memperlombakannya di Pesta Mejuah-juah ini.

Selain rasanya yang enak dan gurih, para kontestan harus pula kreatif menghiasi Manuk Sangkep Nggeluh yang mereka hidangkan.

Salah seorang kontestan yang berasal dari tim Rumah Kabanjahe (Rumka) mengaku sangat menikmati dan senang dengan acara perlombaan ini.

manuk sangkep 3“Kami mengikuti acara perlombaan ini bukan untuk mendapatkan kemenangan. Kami merasa senang bisa berkumpul sesama orang Karo dan juga untuk menampilkan tradisi Karo khususnya untuk masyarakat umum,” katanya kepada Sora Sirulo sambil tersenyum bangga sarat jati diri.


1 COMMENT

  1. Perkembangan baru dalam lestari tradisi makanan sangkep nggeluh. Kreasi yang sangat menjangkau jauh. Maju terus mencipta putra-putri Karo!

    MUG

Leave a Reply