Virus MERS Merebak di Korea Selatan

0
146

mers 1KIM PARK JUNG. SEOUL. Virus paru bernama ‘Middle East Respiratory Syndrome’ (MERS) telah merenggut 2 nyawa di Korea Selatan kemarin [Senin 1/6]. Ini adalah kasus kematian pertama di Korea Selatan akibat penyakit yang satu ini.

Sebagaimana dilaporkan oleh Kementrian Kesehatan dari Korea Selatan, seorang perempuan berusia 58 tahun dan seorang pria berusia 71 meninggal dunia setelah mengidap MERS. Dalam waktu 2 minggu, 25 orang telah terinfeksi di Korea Selatan.

Virus menular ini merebak di tahun 2012 di Timur Tengah makanya dinamai Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Umumnya dia menjangkiti orang-orang yang sedang lemah akibat mengidap penyakit lainnya. Sasarannya adalah menginfeksi pernapasan penderita secara serius dan dapat berakibat fatal bagi orang-orang yang sebelumnya sudah memiliki kondisi kesehatan yang buruk.

Untuk mengurangi jumlah kasus ini, pemerintah Korea Selatan berencana mengkarantinakan 700 orang yang diduga telah terkontaminasi dan memberlakukan larangan bepergian ke luar negeri. Mereka mau dikarantinakan secara sukarela.

mers 3Menurut WHO, belum ada ditemukan kasus penjangkitan dari manusia ke manusia. Penelitian telah mendeteksi bahwa sejenis unta adalah sumber penyakit ini, tapi belum diketahui bagaimana virus ini bisa menyebar dari hewan ke manusia.



Leave a Reply