Barus Bakar Rumah Ayahnya

2
135
durhaka
Sabar Barus menunjukkan rumahnya yang sudah ludes dilalap api.

Supir KPUM 23 Sukses Perawani Pacar di Malam Tahun BaruIMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Alen Barus (33) benar-benar keterlaluan. Bayangkan saja, gara-gara tidak diterge saat minta uang kepada ayahnya Sabar Barus (71), anak durhaka ini malah nekat membakar rumahnya sendiri  di Dusun 7 Mbarolan, Desa Ajibaho (Kecamatan Biru-biru) [Minggu 31/5: sekira 06.30 wib].

Alhasil, Alen Barus, anak ke 5 dari 5 bersaudara ini terpaksa ditangkap. Dia harus tidur di sel tahanan Mapolsek Biru-biru. Sementara sang ayah Sabar Barus untuk sementara waktu harus tidur di rumah tetangganya, lantaran rumah yang selama ini mereka huni sudah rata dengan tanah.

Menurut Kapolsek Biru-biru AKP Benyamin Pakpahan SH didampingi Kanit Reskrim Ipda Baheramsyah SH, selama ini yang menghuni rumah tersebut hanya Alen Barus dan ayah kandungnya Sabar Barus. Ibu Alen telah lama meninggal. Sementara, keempat kakak Alen semuanya telah berumahtangga.

“Namun, pada hari kejadian, Sabar Barus sedang berada di dalam rumah. Tiba-tiba dia didatangi oleh Alen Barus sambil berteriak: “Keluar kau! Tidak rumahmu ini, rumahku ini!”” tutur Kapolsek.

Lanjut dikatakan AKP Benyamin Pakhpahan, melihat Alen Barus datang marah-marah, Sabar Barus memilih keluar dari dalam rumah dari arah pintu belakang dengan membawa keretanya dan selanjutnya bersembunyi di Kuburan Cina.

“Tetapi, begitu Sabar Barus keluar dari persembunyiannya, ia melihat rumahnya telah habis terbakar hingga rata dengan tanah,” beber Pakhpahan.

Akibat ulah anak bungsunya itu, Sabar Barus pun jadi hilang kesabaran. Pasalnya, Sabar Barus mengaku merugi hingga Rp 30 juta. Seluruh harta bendanya ludes dilalap sijago merah. Hari itu juga, korban langsung mendatangi Polsek Biru-biru guna membuat laporan.

“Begitu mendapat laporan Sabar Barus, kita langsung memerintahkan anggota menangkap anak kandung korban. Hari itu juga, Alen Barus berhasil kita tangkap,” kata mantan Kapolsek Secanggang (Langkat) ini seraya menambahkan tersangka akan dijerat Pasal 187 KUHP dengan ancaman 12 tahun penjara.

durhaka 2
Tersangka Alen Barus.

Alen Barus saat diwawancarai oleh Sora Sirulo di Polsek Biru-biru mengaku nekat membakar rumahnya sendiri karena dongkol setiap meminta uang tidak pernah dipenuhi oleh ayahnya Sabar Barus.

“Setiap aku minta uang, tidak pernah dikasih, pak. Kemarin aku minta uang beli pupuk. Itu juga tidak pernah diberi,” kata Alen Barus.

Lain halnya dikatakan Sabar Barus. Menurut ayah yang sudah dipenuhi uban di rambutnya ini, putra bungsunya itu memang anak kurang ajar dan tak tau diuntung.

“Kurang ajar memang dia itu. Masak dia berani cuma mengancam saya. Padahal dia darah dagingku sendiri,” kata Sabar Barus.

Masih kata Barus, anaknya Alen Barus bukan kali pertama merencanakan membakar rumahnya. Soalnya pengancaman juga pernah dilakukan Alen Barus pada bulan April lalu.

“Si Alen itu pernah juga menulis besar-besar di pintu rumah saya
‘Kututung kari rumah enda ngasa raci ras meseng’ (kubakar nanti rumah ini sampai gosong)’, kata Sabar Barus.


2 COMMENTS

Leave a Reply