Evakuasi Warga Sinabung Dimulai

0
117

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Untuk mengantisipasi hal-hal terburuk pada Gunung Sinabung, TNI dan Polri serta Camat Payung melakukan evakuasi terhadap warga yang berada di zona merah Gunung Sinabung.

Sempat terjadi kepanikan di kalangan warga setelah mereka mendengar kondisi Gunung Sinabung berstatus Awas. Namun, warga kemudian dapat ditenangkan.

Meningkatnya aktifitas Gunung Sinabung serta peningkatan status gunung ini dari Level 3 Siaga ke menjadi Level 4 Awas membuat pihak Muspika Kecamatan Payung melakukan evakuasi terhadap warga yang berada di Zona Merah Gunung Sinabung. Kepanikan yang sempat terjadi sebentar adalah karena warga mendengar Gunung Sinabung dalam kondisi kritis sehingga mereka buru-buru membawa barang seadanya.

Warga dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Camat Payung saat ini terus melakukan sosialisasi terhadap warga yang berada di Zona Bahaya radius 7 km agar keluar dari zona bahaya itu.

Untuk mencegah jatuhnya korban, saat ini Muspika Payung mulai melakukan evakuasi terhadap warga Desa Gurukinayan.

“Untuk sementara, warga dikumpulkan di titik kumpul di pinggir jalan lintas Kecamatan Payung dengan Kecamatan Simpangempat,” ujar Camat Payung, Tony Sembiring.


Leave a Reply