Status Gunung Sinabung Naik dari SIAGA ke AWAS

1
189

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. KABANJAHE. Gunung Sinabung kembali menunjukkan peningkatan aktivitasnya dalam beberapa hari terakhir. Terkait hal tersebut, sejak 2 Juni 2015 (Pukul 23:00 WIB), status Sinabung kembali ditingkatkan dari Siaga ke Awas.

Dengan peningkatan status Sinabung ke level tertinggi, maka penduduk yang berdomisili pada radius 7 km di sebelah Selatan-Tenggara akan dievakuasi ke Kabanjahe. Hal tersebut diungkapkan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui siaran persnya [Selasa 2/6].

“Selain peningkatan aktivitas Sinabung, volume kubah lava juga meningkat menjadi lebih dari 3 juta meter kubik. Kondisi ini berpotensi terjadinya guguran kubah yang diikuti awan panas guguran ke Selatan dan Tenggara sejauh sekitar 7 km dari puncak kawah,” ungkapnya.

Terkait kondisi tersebut, BNPB merekomendasikan agar penduduk yang berdomisili di radius kilometer di Selatan-Tenggara (Pasarpinter Gurukinayan-Simpang Sibintun/ Perjuman Batukejan, Jembatan Lau Benuken Tigapancur, Desa Tigapancur-Perjumaan Tigabogor, Desa Pintubesi) untuk dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Tujuh desa dan satu dusun direkomendasikan direlokasi warganya yaitu Sukameriah, Bakerah, Simacem, Gurukinayan, Kuta Tonggal, Gamber dan Berastepu bersama dusunnya Sebintun. Ada pun jalan yang kemungkinan akan ditutup jika muncul awan panas yakni dari simpang jalan raya ke Gurukinayan, dari Simpang Sebintun ke Berastepu, dari Jembatan Lau Benuken ke Tigapancur, dari Ojolali Tigapancur ke Simpang Beganding dan Perjumaan Tigabogor,” papar Sutopo.

Di tempat terpisah, Kepala BPBD Karo Ir. Subur Tambun juga menyatakan hal senada. Menurut Subur, pihaknya akan segera mengevakuasi penduduk ke tempat yang lebih aman. Dalam proses evakuasi, pihaknya akan semaksimal mungkin menyediakan kenderaan berupa truk.

“Penduduk berada di kawasan Gurukinayan sampai sepanjang jalan raya, Simpang Sebintun, Tigapancur, dan Pintu Mbesi. Diharapkan masyarakat tidak panik untuk dievakuasi dan supaya bersiap-siap untuk dievakuasi sejak sekarang,” pinta Subur.


1 COMMENT

  1. Status gunung yang tak akan pernah ada kepastiannya. Itulah alam yang tak pernah pasti. Tetapi manusia butuh kepastian supaya bisa hidup tenang.
    Kosongkan 7-10 km keliling gunung, jadikan taman nasional (park turism), berikan hutan produksi kepada penduduk untuk kelanjutan hidup mereka. Tetapi ini harus atas persetujuan semua pihak. Kalau ini bisa dicapai, penduduk pasti aman dan taman penghijauan lebih luas, lingkungan lebih hijau, Karo lebih sejahtera.

    MUG

Leave a Reply