GBKP Siap Melayani Pengungsi Sinabung

0
183

Bernard Pangaribuan 3pengungsi 10B. KURNIA PARGAULAN P. KABANJAHE. Terkait dengan peningkatan Status Gunung Sinabung ke Level IV (Awas), Ketua Moderamen GBKP Pdt. Antonius Purba mengatakan, GBKP terus membuka diri dalam pelayanan Kasih bagi sesama.

Hal itu dikatakan oleh Pdt. Agustinus Ginting saat ditemui oleh Sora Sirulo di sela-sela kesibukannya meninjau warga pengungsi di Jambur Pemkab Karo Jl. Veteran (Kabanjahe).

Ketua Moderamen GBKP ini menambahkan, sesuai dengan pelayanan gereja dan protap dari bidang diakonia, sebelumnya telah dilakukan gerakan Peduli dengan menampung para pengungsi di berbagai tempat milik GBKP.

“Saat inipun, GBKP tetap membuka diri membantu bidang kemanusiaan bagi sesame. Kita siap menampung warga pengungsi di berbagai tempat layak milik GBKP di Kabanjahe dan Berastagi untuk 1.000 orang pengungsi. Kita juga mengerahkan tenaga relawan dari jemaat GBKP di kota dan desa,” ujar Agustinus penuh rasa kasih.

Saat ini [Kamis 4/5], pengungsian warga memasuki hari ke dua dari 4 desa setelah status Sinabung dinyatakan naik dari Siaga (Level III) ke Awas (Level IV) oleh Badan Vulkanologi Pos Pemantauan Gunung Sinabung di Desa Ndokumsiroga (Kecamatan Simpangempat). Pantuan sementara Satgas Bencana Sinabung, jumlah pengungsi dimungkinkan akan terus bertambah.

“Mengingat trauma para warga di 4 kecamatan masih membekas, segala persiapan telah dilakukan sebisa mungkin,” kata salah seorang petugas pendata.


Leave a Reply