5 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Aceh Selatan

0
239

Laporan: Salmen Kembaren (Tapaktuan)

 

Salmen 12Aktivitas wisata Aceh Selatan belum begitu hidup, padahal potensi wisatanya begitu banyak yang bisa dikembangkan. Potensi wisata berada di kawasan  Taman Nasional Gunung Leuser dan luar kawasan Taman Nasional. Pemerintah, swasta dan masyarakat harus bersatu visi untuk memajukan wisata di Aceh Selatan kesejahteraan masyarakat.

Menuju Kota Tapak Tuan dapat ditempuh melalui jalur darat dan udara. Perjalanan melalui jalur darat dapat ditempuh sekitar 8 – 10 jam perjalanan dari Medan.

Mengenai akomodasi terdapat 5 hotel di Tapaktuan. Semua hotel ini memiliki view laut karena langsung menghadap Samudera Hindia sehingga cocok untuk menikmati pemandangan tenggelamnya matahari atau sunset.

Berikut adalah wisata yang wajib anda kunjungi di Aceh Selatan:

Aceh Selatan

Danau Laut Bangko

Danau Laut Bangko berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, tepatnya di Resort Kluet Selatan. Anda dapat menikmati keindahan danau yang masih sangat alami.

Untuk menuju danau yang memiliki legenda Suku Kluet ini dapat ditempuh dengan dua cara yakni melalui jalur sungai yakni dengan perahu mesin dari Desa Ujung Mangki (Kecamatan Bakongan) dan tracking melalui hutan masuk dari Desa Indra Damai (Kecamatan Kluet Selatan).

Jarak dari Tapaktuan menuju pintu masuk desa sekitar 90 Km atau 1,5 jam perjalanan. Perjalanan menuju danau sekitar 8 jam naik perahu menyusuri sungai. Anda dapat menikmati suasana danau yang dikelilingi hutan tropis yang masih alami. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan selain menikmati pemandangan adalah mengamati kehidupan satwa liar, bird watching dan penelusuran hutan belantara.

Untuk masuk ke kawasan ini anda harus membeli tiket wisata ke Kantor Taman Nasional Gunung Leuser di Tapaktuan. Harga tiket masuk Rp. 5.000/orang per hari.

Bersambung


Leave a Reply