Kolom M.U. Ginting: PERTENTANGAN

0
146

M.U. Ginting 2Obama 1Obama berani teken Undang-undang baru soal penyadapan email dan telefon rakyat Amerika serta banyak kepala negara di dunia  seperti SBY, Merkel, dll. Obama melihat perkembangan perubahan pikiran manusia, tetapi dia juga harus menyesuaikan diri dengan kehendak ’majikannya’ penguasa sesungguhnya negeri Obama itu, yaitu kekuasaan kapital.

Obama  acknowledged the importance of the debate over government surveillance. Debate on national security ‘will make us stronger’, katanya.

Terlihat bahwa Obama bisa melihat objektif perubahan pikiran manusia dan arah perubahan serta perkembangan dunia. Tetapi apa daya, tangan dan kakinya tetap terikat.

Amerika dan negara Barat mengaku, “the forefront in defending personal privacy and human dignity”. Ini tentu bertentangan dengan politik surveillancce programnya, yang sudah dibelejeti Snowden.

Snowden bilang, perubahan undang-undang NSA itu tidak cukup, tetapi dia menyambutnya sebagai langkah permulaan yang penting.

Sebagian besar anggota DPR dan Senat memilih perubahan itu. Tetapi, sebagian menganggap itu sebagai kemunduran karena masih butuh untuk menyelamatkan nation Amerika dari terrorisme, katanya. Snowden sendiri menunjukkan bahwa tak satupun tindakan terroris pernah terhindarkan dengan program spionase itu (Spying program NSA).

Menarik memang, dua pendapat bertentangan dalam soal ini. Sama halnya dengan dua pendapat bertentangan dalam soal-soal lainnya seperti di kalangan kita sendiri, antara pandangan lama dan pandangan baru yang mengikuti zaman. Pandangan lama orang Karo ’enggan berpolitik’ kontra pandangan baru maju berpolitik dengan strategi kearifan universal Karo, win win solution Karo sikuningen radu megersing.


Leave a Reply