Warga Siap-siap Antisipasi Erupsi Besar

0
160

foto nggunturgempa 2NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Sejumlah warga Desa Tigapancur (Kecamatan Simpangempat) yang masuk di dalam Sona Bahaya Sinabung terlihat tetap berada di desa mereka.

Warga ini memilih tetap bertahan di desa mereka yang masuk dalam Zona Bahaya Sinabung atau radius 7 km untuk menjaga desa mereka yang ditinggal mengungsi setelah dinaikkannya status Gunung Sinabung dari Siaga ke Awas. Tigapancur adalah salah satu diantara bebera desa yang masuk ke dalam Zona Bahaya ini sebagaimana direkomendasikan oleh pihak PVMBG.

Sebagian besar rumah memang sudah ditinggal mengungsi oleh pemiliknya. Namun, beberapa warga tetap nekat bertahan di desa mereka meski telah dinyatakan berada di dalam Zoba Bahaya.

Sebagaimana mereka katakana kepada Sora Sirulo, mereka memilih bertahan di desa mereka untuk menjaga desa mereka setelah di tinggal warga mengungsi. Selain itu, warga juga tetap berjaga-jaga bila mana nantinya Sinabung mengalami erupsi besar pada status awas seperti saat ini.

Uniknya, para warga yang bertahan ini semua memiliki kenderaan sepeda motor. Mereka siapkan sepeda motor mereka “stand by” agar, bila perlu, setiap saat mereka bisa langsung melarikan diri dari ancaman erupsi besar.


Leave a Reply