Awan Panas Terus Mengintai: Sinabung Awas!

0
136

foto nggunturawan panas 10NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Meskipun Sinabung tidak teramati secara visual akibat kabut dan asap yang menutupi,  petugas pengamatan tetap mengamatinya melalui alat pemantau khusus. Dari pantauan inilah diketahui pertumbuhan kubah lava Gunung Sinabung masih terus terjadi.

Petugas pengamatan di Posko Pengamatan Sinabung (Kecamatan Simpangempat) mengamati adanya pertumbuhan kubah lava yang terus menerus terjadi sejak status Sinabung dinaikkan dari Siaga (Level 3) ke Awas (Level 4) hingga hari ini [Minggu 7/6] sejak Pagi hingga Siang Hari.

Selain itu, tingkat aktifitas kegempaan hybrid serta gempa tremor pun masih terus menerus tercatat, disertai adanya guguran lava pijar dan luncuran awan panas yang mencapai 500 hingga 1.500 meter ke arah Selatan dan Tenggara .

Pihak PVMBG terus menghimbau semua warga agar tidak memasuki Zona Bahaya Sinabung radius 7 km. Himbauan terus menerus ini terutama sekali mengingat saat ini Sinabung sering tidak teramati secara visual sehingga sulit sekali memantau ancaman awan panas secara kasat mata.


Leave a Reply