Tjong A Fie Bagi Kota Medan

0
143

Edi Sembiring (Jakarta)

 

mesjid raya
Mesjid Raya Medan

edi sembiringYang buta sejarah perlu diajarkan tentang sebuah kenyataan bahwa Medan pun menjadi kota besar oleh seorang Tionghoa yang bernama Tjong A Fie.

Setengah biaya pembuatan Istana Maimon adalah dari Tjong A Fie. Ia sangat menghormati warga muslim, bahkan berperan serta dalam mendirikan tempat ibadah yakni Masjid Raya Al-Mashum dan Masjid Gang Bengkok serta ikut merayakan hari-hari besar keagamaan bersama mereka.

Ia juga bangun Gereja Uskup Agung Sugiopranoto, Kuil Buddha di Brayan, kuil Hindu untuk warga India, Batavia Bank, Deli Bank, Jembatan Kebajikan di Jalan Zainul Arifin serta mendirikan rumah sakit Tionghoa pertama di Medan bernama Tjie On Jie Jan.

Ia dikenal pula sebagai pelopor industri perkebunan dan transportasi kereta api pertama di Sumatera Utara, yakni Deli Spoorweg Maatschappij (DSM), yang menghubungkan kota Medan dengan pelabuhan Belawan. DSM ini juga yang membangun jalan Medan menuju Berastagi. Lalu, dua tahun kemudian, dilanjutkan ke Kabanjahe dan seterusnya hingga Kutacane.

Begitu juga ia mendirikan perkebunan Teh di Bandarbaru, tembakau di Deli, hingga akhirnya perkebunannya melebihi perkebunan milik Belanda dan pembangunan yang dilakukannya lebih besar dari yang dibuat Belanda.

Empat bulan sebelum menghembuskan nafas terakhir, Tjong A Fie mewasiatkan seluruh kekayaannya di Sumatera maupun di luar Sumatera kepada Yayasan Toen Moek Tong yang harus didirikan di Medan pada saat ia meninggal dunia. Ia menuliskan permintaannya agar yayasan tersebut memberikan bantuan keuangan kepada pemuda berbakat dan berkelakuan baik serta ingin menyelesaikan pendidikannya tanpa membedakan kebangsaan.

Tjong juga berpesan agar yayasan membantu mereka yang tidak mampu bekerja dengan baik karena cacat serta membantu para korban bencana alam tanpa memandang kebangsaan atau etnis.

Kampung Medan yang didirikan oleh Guru Patimpus Sembiring Pelawi menjadi kota besar tak lepas dari jasa Tjong A Fie.

Yang buta sejarah tak akan paham.

Catatan: Disadur dari berbagai sumber.


Leave a Reply