2 Kecamatan Dataran Tinggi Karo Didera Hujan Debu Vulkanik

0
115
erupsi 9
Terlihat lapisan debu vulkanik di sebuah desa di Kecamatan Namanteran. Foto: Alexander Firdaust.

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Erupsi Gunung Sinabung yang terjadi siang hingga sore tadi [Sabtu 13/6] mengakibatkan sejumlah kecamatan diguyur oleh hujan debu vulkanik dari Gunung Sinabung.

Hujan debu yang terjadi sempat menggangu aktivitas warga. Sebagian warga memilih berdiam di dalam rumah saja, tapi sebagian warga mengungsi menghindari dampak debu vulkanik.

Daerah yang terparah diguyur hujan debu vulkanik adakan Kecamatan Namanteran dan Kecamatan Berastagi. Warga di dua kecamatan ini terpaksa mengunakan masker untuk keluar rumah. Sebagian warga memang memilih untuk berada di dalam rumah saja, tapi sebagian lainnya mengungsi ke tempat yang lebih aman dari debu vulkanik yang terus menguyur desa mereka.

Menurut salah seorang warga Berastagi (Kimi Tarigan) kepada Sora Sirulo, hujan debu vulkanik berlangsung cukup lama. Diperkirakan berlangsung hingga  kurang lebih 1 jam selang beberapa menit setelah erupsi terjadi.

Sementara itu, aktivitas Gunung Sinabung saat ini masih terus mengalami peningkatan Gempa Guguran dan Gempa Dalam seperti Gempa Hybrid dan Tremor masih terus terjadi. Ini menandakan Sinabung masih berpotensi mengalami ledakan dahsyat.


Leave a Reply