Ada Jalur Awan Panas Baru di Sinabung

0
139
erupsi 8
Foto Alexander Firdaust

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktivitas Gunung Sinabung saat ini belum menunjukan adanya penurunan. Demikian juga dengan awan panas hingga saat ini masih tetap mengancam. Luncuran awan panas pun masih mendominasi ke arah Tenggara dari kawasan puncak gunung.

Sejak dinaikkannya status Sinabung dari Siaga Level 3 ke Awas Level 4 [Selasa 2/6] sampai saat ini belum ada menunjukan penurunan aktivitas. Ancaman yang menonjol pada Gunung Sinabung adalah, menurut Derry al Gazali dari BMVKG, ancaman awan panas yang terus menerus terjadi saat ini.

Jalur awan panas pun sudah mulai terbentuk ke arah Tenggara dari puncak gunung akibat luncuran awan panas terus mendominasi ke arah Tenggara. Menurut Petugas Pengamatan Gunungapi Sinabung, aktivitas Sinabung sepanjang hari ini [Sabtu 13/6] pagi menjelang sore hari terus mengalami peningkatan dengan adanya tanda-tanda puluhan hingga ratusan gempa guguran. Awan panas pun masih terus menerus terjadi ke arah Tenggara.

Awan panas yang terus mendominasi ke arah Tenggara ini dikarenakan banyaknya kubah lava yang terus menumpuk di puncak gunung. Saat ini, sudah ada sekitar 3,3 juta kubik kubah lava yang menumpuk sehingga membentuk jalur awan panas ke arah Tenggara. Padahal, jalur awan panas Selatan diperkirakan masih berpotensi.


Leave a Reply