Pengungsi Sinabung Semakin Tersiksa

1
107

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Kondisi warga pengungsi korban bencana erupsi Gunung Sinabung di tenda-tenda penampungan di Kabanjahe sangat memperihatinkan.

Mereka hanya tidur dengan beralaskan terpal di atas tanah. Dinding dan atap pengungsian yang bocor bila hujan tiba membuat warga saat ini mulai mengalami penyakit flu.

Ratusan warga Desa Tigapancur (Kecamatan Simpangempat) saat ini terpaksa mengungsi sejak dinaikkannya status Sinabung dari Siaga Level 3 ke Awas Level [Selasa 2/6]. PVMBG merekomendasikan agar warga yang berada di dalam Zona Bahaya (Rdius 7 km dari kawah gunung) diungsikan ke tenda-tenda pengungsian di Kabanjahe.

Setelah 10 hari berada di pengungsian, kondisi warga Tigapancur sangat memperihatikan. Mereka mulai terserang penyakit di karena udara di tenda yang dingin dan bocor bila hujan tiba. Lokasi pengungsian juga menjadi basah dan becek. Ironisnya lagi, mereka tidur hanya beralaskan terpal di atas tanah.

Warga pengungsi mengaku cukup mendertia dan merasa kurang diperhatikan akibat kondisi pengungsian yang memperihatinkan. Mereka hanya bisa berharap kepada pemerintah agar dipindahkan ke tempat yang layak agar mereka dapat nyaman saat berada di pengungsian menunggu penurunan aktivitas Sinabung.

1 COMMENT

  1. Sangat mengharukan dan menyedihkan nasib pengungsi Sinabung ini. Semua kekuatan organisasi LSM dan pemda harus angkat bicara dan bikin inisiatif meringankan penderitaan pengungsi ini.
    Dalam hal pengosongan sepenuhnya radius 5-10 km dan relokasi secara permanent semua penduduk dari radius itu. Tidak ada yang bisa menetapkan kemauan gunung berapi Sinabung, tetapi penduduk dan pemda/pusat bisa menetapkan dan memastikan nasib pengungsi. Pemindahan yang permanent dan lahan pertanian atau kerja bagi pengungsi.

    MUG

Leave a Reply