6 Desa Lereng Sinabung Kembali Dievakuasi

0
151
Leopold Kennedy Adam
Suasana evakuasi kemarin di Mardinding. Foto: Leopold Kennedy Adam.

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktifitas Gunung Sinabung terus menerus mengalami peningkatan. Sedikitnya warga di 6 desa 3 kecamatan kembali dieevakuasi dan diungsikan ke lokasi Zona Aman setelah pihak PVMBG mengeluarkan rekomendasi peluasan Zona Bahaya awan panas radius 7 kilo meter ke arah Tenggara.

Suasana panik sempat terjadi saat proses evakusi warga Desa Jeraya (Kecamatan Simpangempat) yang merupakan satu diantara 6 desa yang masuk dalam daftar evakuasi sesuai rekomendasi PVMBG siang kemarin [Senin 15/6].

Evakuasi dilakukan oleh Pemkab Karo dibantu oleh Basarnas, TNI dan Polri. Warga diangkut dengan sejumlah truk untuk menuju ke lokasi aman dari ancaman awan panas Gunung Sinabung yang terus menerus mengarah ke Tenggara. Proses evakusi sempat terganggu akibat hujan yang terus menerus turun dari pagi hingga menjelang sore.

Sebagaimana dikatakan oleh beberapa warga, mereka baru saja mengetahui akan dievakusi dari pihak Pemerintahan Desa.

“Alasan evakuasi dikatakan karena kondisi Gunung Sinabung yang masih rawan mengalami luncuran awan panas,” kata warga itu kepada Sora Sirulo.

Adapun 6 desa yang wajib dikosongkan dari warga yaitu: Jeraya, Singgarang-garang, Mardinding, Lau Kawar, Kutarayat (Toraja), dan Kuta Gugung.


Leave a Reply