Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Karo Hari ini Kunjungi Pengungsi Sinabung

0
132
jokowi
Jokowi pada kunjungannya sebelumnya di Kabupaten Karo.

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. KABANJAHE. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan kembali akan datang ke Kabupaten Karo hari ini [Selasa 16/6]. Seperti kedatangannya sebelumnya, kali ini pun Jokowi bermaksud mengunjungi para korban erupsi Gunung Sinabung.

Kehadiran Jokowi di Karo hari ini berkaitan dengan peningkatan status Sinabung dari Siaga (Level III) ke Awas (Level IV) sejak beberapa hari ini. Peningkatan status ini mengakibatkan sebanyak 3.000 warga yang berada di seputaran lereng gunung harus dievakuasi ke 4 Posko Pengungsian di luar Zona Bahaya.

Jumlah warga yang dievakuasi diperkirakan akan terus bertambah hingga 7.500 jiwa, menyusul erupsi besar yang terjadi Sabtu lalu. Sejumlah desa yang masuk dalam daftar evakuasi adalah: Mardingding, Kutarayat, Sigaranggarang, Kuta Gugung, Jeraya, Kuta Tengah, dan Lau Kawar.

Kedatangan Jokowi ke Kabupaten Karo diketahui dari informasi yang disampaikan oleh Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH, kepada wartawan.

“Saya baru ditelepon protokoler Istana, informasinya besok Pak Presiden akan ke Sinabung,” jelasnya [Senin 15/6].

Hingga malam ini Pemkab Karo masih menggelar rapat guna mempersiapkan penyambutan Presiden di lokasi pengungsian.

“Tapi jadwal pastinya saya belum tahu, ini masih persiapan untuk kedatangan presiden,” jelasnya.

Dalam pengamatan Sora Sirulo, telah 4 kali Pemkab Karo mengadakan rapat dalam satu hari kemarin terkait persiapan penyambutan kedatangan presiden hari ini.


Leave a Reply