Pelatihan Home Industri Bagi Korban Erupsi Sinabung

1
209

merdifoto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Tindakan nyata dalam kepedulian terhadap sesama jelas terlihat semenjak kedatangan Pengurus OASE (Perkumpulan para istri menteri Kabinet Kerja RI) ke Kabupaten Karo.

Setelah OASE berkunjung sekaligus menyerahkan bantuan sehari sebelumnya, kemarin [Senin 15/6] diadakan Bakti Sosial Pelatihan Home Industri di Posko Pengungsi Paroki Jl.Irian (Kabanjahe).

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama jajarannya yang memantau jalannya pelatihan sangat mengapresiasi program ini. Dia menghimbau masyarakat agar kiranya ilmu yang diperoleh terus dikembangkan.

“Bukan hanya megikuti apa yang sudah ada tetapi mencoba berinovasi membuat produk-produk baru yang lebih bervariasi sehingga bisa lebih bersaing,” kata Terkelin.

Terkelin mengingatkan masyarakat untuk tidak hanya sebatas memanage bagaimana suatu produk bisa laku di pasaran, tapi juga harus memahami bagaimana melakukan tata kelola keuangan yang baik.

“Agar ke depan Kabupaten Karo khususnya masyarakat korban erupsi Sinabung bisa lebih mandiri dan bangkit dari keterpurukan setelah sekian lama berjuang menghadapi bencana,” paparnya.

Merdi Sihombing yang diutus Pengurus OASE sebagai narasumber Pelatihan Home Industri ini, saat dikonfirmasi menerangkan bahwa beberapa hasil karya ibu-ibu pengungsi akan dibawa untuk dipamerkan.

Selain itu, Merdi menjelaskan pentingnya menjaga alam. Karena itu, Merdi mengusung konsep Home Industri Ramah Lingkungan, dimana mayoritas bahan mentah yang dipakai berasal dari alam.

“Limbah Industri pun kita pakai,” jelas lelaki yang juga aktif dalam menjaga nilai tradisi ini.


1 COMMENT

  1. Satu pemikiran baru yang akan mendorong pemikiran baru lagi.
    Kemungkinan berkembang pesat bisa, karena Karo daerah turis yang bisa dihandalkan dari syarat alam dan ramah tamah penduduknya.

    MUG

Leave a Reply