Sinabung Belum Tenang

0
92

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktifitas Gunung Sinabung pada Senin Malam pasca erupsi besar sehari sebelumnya [Minggu 14/6: Sore] masih terus mengalami peningkatan hingga kemarin sore [Senin 15/6].

Guguran lava pijar disertai luncuran awan panas ke arah Tenggara Gunung Sinabung masih terus terjadi pada senin malam kemarin. Warga sekitar lereng gunung panik melihat lava pijar Gunung Sinabung meluncur ke arah Tenggara lereng Gunung Sinabung.

Sementara itu, menurut data dari Posko Pengamatan Gunung Sinabung, aktifitas Sinabung belum menujukan adanya penurunan sejak erupsi Sabtu dan Minggu sore kemarin. Gempa guguran masih terus terjadi hingga ratusan kali sedengkan gempa hybrid dan gempa tremor pun masih terekam sangat tinggi.

Saat ini, pihak PVMBG telah merekomendasikan desa Sukanalu (Kecamatan Namanteran) untuk mengungsi. Rekomendasi ini mengingat jalur awan panas selama ini ke arah Selatan, sedangkan sekarang mulai mengarah ke Tenggara, tepat di Desa Sukanalu yang hanya berjarak 4 km dari kawah Gunung Sinabung.


Leave a Reply