Pengungsi Sinabung Mulai Terserang Penyakit

0
192

foto nggunturposko 4NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Warga pengungsi erupsi Gunung Sinabung satu per satu mulai terserang penyakit ISPA dan sakit perut. Pada umumnya, yang rentan terserang penyakit adalah kaum Manula dan usia Balita.

Cuaca di Dataran Tinggi Karo beberapa hari terakhir ini sangat dingin dengan curah hujan yang tinggi. Inilah dua faktor utama yang membuat para warga di pengungsian gampang terserang penyakit. Apalagi, kondisi hunian mereka sangat jauh dari layak. Demikian juga fasilitas penunjang kesehatan dan kebersihan di tempat-tempat pengungsian sangat minim saat ini.

Pada umumnya yang terserang penyakit adalah kaum Manula dan Balita, khususnya terkena penyakit ISPA, diare dan sakit perut. Diharapkan kepada aparat terkait agar selalu memperhatikan kondisi kesehatan warga pengungsi ini.

Obat-obatan, susu dan makanan bergizi lainnya sangat dibutuhkan oleh warga saat ini di pengungsian. Pintu selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin berbagi meringankan beban saudara kita yang sedang berada di pengungsian akibat erupsi Gunung Sinabung.

Sementara itu, pihak Pemerintah Daerah dan aparat TNI dan Polri masih tetap bersiaga dan terus mensterilkan kawasan Sona Merah di sekitar Gunung Sinabung.


Leave a Reply