Sinabung Terus Mengalami Peningkatan

0
197
sugihen 3
Sinabung terlihat dari Sugihen (Kecamatan Dolatrakyat) siang tadi. Foto: Rikwan Sinulingga.

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Pagi ini [Sabtu 20/6] Sinabung masih menunjukan peningkatan. Pihak PVMBG mencatat setidaknya sudah 3 kali gunung teraktif di Pulau Sumatera ini mengalami guguran awan panas yang masih dominan ke arah Tenggara disertai semburan debu vulkanik yang dibawa angin masih ke arah Timur.

Hingga Sabtu pagi tadi Gunung Sinabung belum menunjukan penurunan setelah sepanjang hari Jumat kemarin mengalami guguran awan panas sebanyak kurang lebih 8 kali ke arah Tenggara disertai semburan debu dibawa angin ke arah Timur dan Timur Laut.

Pihak PVMBG kembali mencatat adanya peningkatan pada Gunung Sinabung di hari Sabtu ini. Setidaknya pihak PVMBG telah mencatat pada Sabtu dini hari tadi telah terjadi kurang lebih 3 kali Gunung Sinabung mengalami guguran awan panas yang masih mengarah ke Tengara serta semburan debu dibawa angin ke arah Timur. Akibat guguran awan panas disertai semburan debu ini, sejumlah kecamatan di Kabupaten Karo (spt. Naman Teran, Simpangempat, Dolatrakyat) dan Berastagi kembali diguyur hujan debu pada pagi tadi.

Saat ini, aktifitas Gunung Sinabung masih terus mengalami peningkatan. Pihak PVMBG masih mencatat adanya kegempaan guguran, kegempaan hybrid dan kegempaan temor yang terus menerus terjadi. Hal ini menandakan masih adanya potensi erupsi pada Gunung Sinabung sepenjang hari Sabtu ini.


Leave a Reply