Sugihen Menangisi Debu Sinabung

0
178
sugihen 2
Tanaman cabai warga Sugihen (Kecamatan Dolatrakyat) siang ini [Sabtu 20/6]

rikwan sinulinggaRIKWAN SINULINGGA. BERASTAGI. Warga Sugihen (Kecamatan Dolatrayat , Kabupaten Karo) sekitarnya terancam gagal panen akibat sebaran debu vulkanik Sinabung.

Sejak beberapa hari belakangan ini, Sinabung menyemburkan abu vulkanik e arah Timur sehingga menerpa wilayah Kecamatan Dolatrayat. Abu vulkanik kemudian menyelimuti tanaman-tanaman pertanian penduduk seperti tomat, cabai dan berbagai sayuran lainnya.

“Tidak tahu lagi apa yang harus diperbuat kalau sudah begini. Debu Sinabung mengarah ke lahan pertanian kita. H ampir semua tanaman yang terkena debu vulkanik ini langsung hancur. Apalagi kalau tanaman tomat, cabe dan sayuran,” tutur Pak Frans Edward Sembiring kebingungan dan tergagap-gagap.

Pak Sembiring ini seorang petani tomat, cabe dan sayur-sayuran di Desa Sugihen (Kecamatan Dolatrakyat). Menurutnya, jika 2 hari saja tanaman tidak dibersihkan dari debu vulkanik, akan langsung berdampak parah. Ini terutama terjadi pada tanaman toman.

“Daun tomat langsung lebam dan terkena serangan penyakit kin mis,” kata Pak Sembiring sambil menoleh sebentar ke debu yang merayap dari kawah Sinabung menuju desanya, desa tercinta, tempat leluhur dan sejarahnya bersemayam.

Pantauan Sora Sirulo, sejak Pkl. 09.00 pagi tadi hingga berita ini dikirim ke redaksi (13.40 Wib) masih menerpa Kecamatan Dolatrayat.


Leave a Reply