Lintas Sumatra Masih Lengang

0
182

bastantalinsum 2BASTANTA P. SEMBIRING. JAMBI. Walau masa liburan telah dimulai, arus lalu lintas tampak masih stabil. Sebagaimana hasil pantauan Sora Sirulo di Jalan Lintas Timur Sumatera (Jambi), arus lalu lintas masih tampak normal. Belum ada lonjakan kendaraan yang melintas.

Diprediksikan, pelonjakan jumlah kendaraan secara berarti baru akan mulai terjadi pada H-10 menjelang lebaran. Bahkan, untuk angkutan barang yang biasanya ramai jika memasuki bulan puasa, pun masih sepi.

Bersamaan dengan momen Ramadhan (1436 Hijriyah) dengan puncaknya pada Hari Raya Idul Fitri yang diperkirakan jatuh di pertengahan Juli mendatang, diduga ini menjadi penyebab mengapa pada musim liburan kali ini lalu lintas di jalur lintas Sumatera masih lengang.

Kebanyakan masyarakat memanfaatkan liburan bersamaan dengan hari raya Idul Fitri dan tradisi pulang kampung atau yang populer kita kenal dengan mudik.

Untuk angkutan barang sendiri yang biasanya ramai jika sudah memasuki bulan puasa, khususnya mengangkut sembako, tapi hingga sekarang masih seperti biasa.

Beberapa berpendapat, erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo (Sumatera Utara) turut mempengaruhi menurunnya arus angkutan barang di lintas Sumatera, karena truk-truk pembawa sayur dan buah dari Karo dan jika kembali membawa bawang, beras, dan sapi dari Jawa, kini sudah berkurang drastis jumlahnya.

Kondisi jalan sendiri untuk Lintas Timur Sumatera, terkhususnya di sepanjang Provinsi Jambi, badan jalan tergolong dalam kondisi baik dan siap menyambut kendaraan yang akan melintas.

MeskiĀ demikian, bagi anda yang hendak melakukan perjalanan mudik (pulang kampung) atau sekedar berwisata, sudah dapat merencanakannya sedari dini, agar perjalanan anda nantinya lancar dan menyenangkan.


Leave a Reply