BNPB Serahkan Rp. 6 M ke Pemkab Karo

0
232

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE.  Untuk penanganan bencana erupsi Gunung Sinabung,  BNPB menyerahkan uang tunai sebanyak sekitar Rp. 6 Milyar ke Pemkab Karo.

Bantuan ini langsung diserahkan oleh Kepala BNPB Syamsul Maarif kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana SH di Posko Utama Tanggap Darurat Bencana Sinabung.

Bantuan ini dimaksudkan untuk biaya pengadaan sarana dan prasarana yang diperlukan oleh warga pengungsi Sinabung. Sarana dan prasarana yang dibiayai dengan bantuan ini nantinya digunakan untuk kebutuhan para pengungsi yang saat ini sudah berada di angka 10.184 jiwa dari 3.030 kepala keluarga. Para pengungsi tersebar di 10 titik pengungsian di sejumlah kecamatan Kabupaten Karo saat ini.

Menanggapi masalah percepatan relokasi untuk tahap ke dua dimana 4 desa lagi masih harus direlokasi, Kepala BNPB Syamsul Maarif mengungkapkan, saat ini pihaknya serta Pemda Karo mengalami kendala. Kendala utama adalah masalah lahan untuk hunian serta penyediaan perladangan warga yang akan direlokasi.

Sebelum penyerahan bantuan sejumlah sekitar Rp. 6 Milyar ini, pihak BNPB dan perwakilan kementian melakukan rapat tertutup dengan Pemkab Karo di Jambur Bupati Karo. Diperkirakan rapat tertutup ini di laksanakan untuk membahas tentang penanganan pengungsi bencana Sinabung dan upaya percepatan relokasi yang saat ini masih banyak memiliki kendala.


Leave a Reply