Alat Baru Pemantau Gunung Sinabung Dipasang Kemarin

0
132

foto ngguntursinggarang-nggarang 2NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Tim Tanggap Darurat Gunung Berapi Sinabung pasang alat baru pengukur dan penangkap getaran gempa di kaki Gunung Sinabung, tepatnya di kawasan Desa Singgarang-garang (Kecamatan Naman Teran).

Pemasangan dilakukan kemarin [Kamis 25/6] dengan peralatan deformasi baru untuk memantau pergerakan tubuh gunung api Sinabung.  Peralatan ini dipasang untuk menggantikan sistem peralatan pemantauan Gunung Sinabung yang sudah tertutup abu vulkanik.

Menurut salah seorang petugas dari tim tanggap darurat gunungapi Sinabung, Seprius, alat yang dipasang sejenis cermin reflektor.

Pemasangan dilakukan di tempat yang berbedah atau kawasan yang terhindar dari semburan abu vulkanik; yakni di Desa Singgarang-garang agar alat ini tidak tertutup abu serta dapat berfungsi maksimal memantau dan menangkap pergerakan tubuh gunung api Sinabung.

Sistem peralatan pemantau Gunung Sinabung dilengkapi stasiun seismik yang dipasang di beberapa lokasi seputar tubuh gunung Sinabung. Sebelumnya, ada 6 stasiun seismik temporer.

Namun, akibat erupsi terus menerus yang menyemburkan abu vulkanik dan arah angin menutup sebahagian peralatan pemantau, tim tanggap darurat mencari titik baru untuk memasang alat baru peralatan deformasi pemantau gunung api Sinabung.


Leave a Reply