Dandim 0205/ TK Perketat Portal Zona Bahaya

0
270

Bernard Pangaribuan 3dandimB. KURNIA PARGAULAN P. KABANJAHE. Kodisi Gunung Sinabung saat ini semakin meningkat eskalasinya. Pada hari ini saja [Jumat 26/6: 07.01 WIB dan 08.09 WIB], terjadi awan panas guguran sejauh 3.000 meter dan 3.500 meter ke arah Tenggara – Timur.

Ketinggian kolom abu vulkanik mencapai 1.000 meter dan 4.000 meter. Arah angin saat terjadinya erupsi adlah ke Timur.

StatusGunung Sinabung berubah sejak tanggal 2 Juni 2015 dari Siaga (Level III) menjadi Awas (Level IV).

Dalam menyikapi hal tersebut, Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Inf. Asep Sukarna memerintahkan seluruh jajaran Kodim 0205/Tanah Karo untuk bersiaga. Khusus Koramil 04/ Simpang Empat dan Koramil 05/Payung diperintahkan untuk memperketat Zona Merah/ Larangan Sinabung agar tidak dimasuki oleh warga.

dandim 2

“Pengetatan ini bertujuan untuk menghidari korban jiwa,” kata Letkol Inf. Asep Sukarna.

Sukarna menghimbau warga agar masyrakat tidak beraktivitas di dalam wilayah radius 7 KM dari kawah Gunung Sinabung. Selain itu, dia memerintahkan Koramil 03/BT agar membantu aparat pemerintah dalam mengevakuasi dan menyiapkan lokasi penampungan pengungsi setelah dievakuasi.

dandim 3Dandim 0205/TK ini juga mengajak seluruh warga yang mengungsi agar tetap bersabar dan berdoa kepada Tuhan YME supaya bencana Sinabung ini segera berakhir.

“Kitapun harus yakin bahwa di balik bencana ini ada berkah, serta di balik kesulitan ini pasti ada jalan,” katanya.

Keterangan Foto-foto: Saat Dandim 0205/ Tanah Karo, Letkol Inf. Asep Sukarna, saat meninjau personil TNI di Perbatasan Zona Merah Gunung Sinabung dan memberikan arahan secara tegas melaksanakan tugas dengan maksimal di lapangan dan mawas diri.


Leave a Reply