Tari Terang Bulan di Nias

1
226

nias 3nias 5YOGI SUMANA GINTING. GUNUNG SITOLI. Bertepatan dengan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April dan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei lalu serta mengingat waktunya yang berdekatan, pada 9 Mei 2015 lalu diadakan pentas seni untuk memeriahkan dan memperingati kedua hari besar nasional ini di Nias. Tepatnya di SD Negeri 075056 Lewuombanua (Kecamatan Samolo-molo, Kabupaten Nias).

Dalam perayaan tersebut, beberapa kegiatanpun diadakan, yang salah satunya penampilan penari yang membawakan tarian dari beberapa suku yang ada di Sumatera Utara.

Landek Karo ataupun tarian Suku Karo merupakan salah satu yang dibawakan oleh para pelajar SD tersebut.  Delapan pasang penari laki-laki dan perempuan dengan gemulai melenggak lenggok membawakan tarian kreasi Karo “Terang Bulan” yang mengundang decak kagum dari para penonton yang hadir saat itu.

Kegiatan ini sendiri merupakan salah satu upaya dari institusi pendidikan setempat, yakni SD Negeri Lewuombanua untuk membina dan menumbuhkan rasa solidaritas antar suku yang ada di Nias, dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika kepada anak-anak didik.

Hal tersebut juga sangat disambut positif oleh masyarakat sekitar, khususnya orangtua sisa/i di SD Negeri Lewuombanua. Mejuah-juah Ya’ahouwu.


1 COMMENT

  1. “untuk membina dan menumbuhkan rasa solidaritas antar suku”

    Pemikiran utama dalam abad cultural revival dunia, abad ‘the clash of civilization’.

    Indonesia melengkapi dengan ‘dimana bumi dipijak disitu langit dijungjung’ atau kata prof MacDonald ‘minority (pendatang – MUG) should be wellcomed but they should not be abled to remake society in theri own image’. Kultur setempatlah yang jadi dasar kearifan lokal.

    MUG

Leave a Reply