Berastagi Nyaris Lumpuh Akibat Debu Vulkanik Hari Ini

0
121
debu 1
Suasana di tengah Kota Berastagi siang tadi [Sabtu 27/6]. Foto: RIKWAN SINULINGGA.

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. BERASTAGI. Erupsi Gunung Sinabung yang terus menerus mengakibatkan kota wisata Berastagi terus menerus pula diguyur hujan debu vulkanik. Kota ini nyaris lumpus karena hujan debu vulkanik mengganggu hampir semua kegiatan manusia di Berastagi yang dilakukan di luar rumah. Sebagian besar toko-toko terlihat tutup.

Aktifitas Gunung Sinabung tadi pagi [Sabtu 27/6] masih terus mengalami peningkatan hingga menimbulkan2 kali erupsi. Angin membawa debu vulkanik hasil dari erupsi ini ke arah Berastagi sehingga kota wisata ini dihujani debu vulkanik terus menerus sejak Sabtu pagi hingga sore.

Semburan debu vulkanik yang terus menerus ini sangat meresahkan warga setempat. Sebagian besar warga memilih tetap berada di rumah untuk menghindari debu vulkanik. Selain berdampak terhadap kesehatan manusia, ternyata, debu vulkanik ini mulai berdampak terhadap perekonomian warga di Berastagi. Terlihat toko-toko memilih tutup sehingga aktifitas perekonomian nyaris lumpuh akibat guyuran hujan debu vulkanik ini.

debu 2
Suasana di tepian Kota Berastagi siang tadi [Sabtu 27/6]. Foto: RIKWAN SINULINGGA.

Menurut catatan PVMBG, erupsi Sinabung yang terjadi hari ini [Sabtu 27/6: 00:02 dan 02.00 Wib masih meluncurkan awan panas guguran sejauh 2,5 km sampai dengan 3 km ke arah Tenggra serta dengan semburan debu vulkanik hingga 1.000 sampai dengan 1.500 meter dibawa angin ke arah Timur.


Leave a Reply