Detektor BMVKG Terganggu Oleh Debu Sinabung

0
142
detektor
Letusan Sinabung yang terjadi tadi siang [Sabtu 27/6: 14:31 wib] sebagaimana terlihat dari Simpang Nangbelawan (Kecamatan Simpangempat). Foto: RIKWAN SINULINGGA.

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Gunung Sinabung yang terus menerus menyemburkan debu vulkanik tebal saat mengalami erupsi mengakibatkan sejumlah alat penagamatan Sinabung mengalami gangguan. Alat ditektor tidak berfungsi akibat tertutup debu.

Pihak PVMBG saat ini telah memindahkan alat pemantau suplai lava ini agar terhindar dari debu vulkanik. Detektor ini menatau pertumbuhan lava yang ada di lereng gunung, tepatnya di dalam radius 1.500 meter dari kawah.

Pihak PVMBG saat ini mencoba membersihkan serta memindahkan sebagian alat untuk mengamati Gunungapi Sinabung. Akibat debu vulkanik, sempat sebagian komponen alat detector mengalami ganguan yang cukup serius. Beberapa dari bagian alat yang mengalami ganguan ini biasanya bekerja sebagian mengirim sinyal bila mana erupsi mengalami aktifitas yang membahayakan atau sedang akan mengalami erupsi.

Sejauh ini, pihak PVMBG masih terus melakukan pengamatan pertumbuhan kubah lava serta suplay lava pijar yang saat ini masih terus menerus terjadi. Kategori suplay yang masih tinggi dengan mengunakan detektor jarak jauh dipantau dari Desa Singgarang-garang. Setelah mengalami ganguan akibat debu vulkanik ini, petugas PVMBG sudah beberapa hari belum bisa mengamati Gunung Sinabung dari kedekatan.

Kemarin siang [Jumat 26/6], pihak PVMBG mulai mengamati kembali setelah alat yang di bagian lereng Sinabung dibersihkan dan sebagian digeser ke tempat yang tidak terkena dampak debu vulkanik.


Leave a Reply