Kolom Joni H. Tarigan: SABARLAH KARO

0
160

joni hendra tariganBenar pepatah yang mengatakan: “Tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan”. Dalam bahasa Karo istilah ini bagi saya sama dengan “SI MERDANG NGE MAKA RANI”  yang dalam bahsa persatuan Indonesia ” SIAPA YANG MENANAM  ITU YANG MEMANEN”.

Masih banyak peribahasa lain yang bisa mengungkapkan bahwa hasil itu sebanding dengan usaha yang kita lakukan. Demikian halnya kesuburan Taneh Karo  yang datang dari Sinabung.

SINABUNG, siapa yang bisa menyangkal kesuburan tanah sekitarnya? Taneh Karo, selain terkenal dengan jiwa perjuangannya untuk Persatuan Indonesia, juga terkenal dengan  hasil ladangnya karena tanah yang subur. Mungkin inilah yang akan membuat KARO ikhlas bersabar, yakni kesuburan itu tidak terjadi begitu saja.

Kesuburan itu adalah buah dari erupsi Sinabung 1200an tahun lalu. Ini artinya, KARO punya harapan baru di balik erupsi ini. Karo yang ahir- ahir ini mengalami banyak kemunduran akibat demikian mahalnya modal untuk bercocok tanam karena tanah yang tidak sesubur dulu.

TANEH KARO YANG TERKASIH, bersabarlah. Kelak kita akan meneteskan mata karena kebahagiaan telah melewati aliran air mata penderitaan. Kelak Karo akan kembali melimpah hasil ladangnya, karena erupsi ini seperti alam Karo menyuburkan dirinya untuk KARO ribuan tahun lagi. Karo, bertahanlah.

Yakinlah kita tidak sendirian. Kita juga bukan orang yang bermental mengandalkan belas kasihan. Karo pasti bisa. Bahkan pendiri bangsa ini sudah mengakui kegigihan kita merebut bangsa kita Indonesia ini.

Sabar ya, KARO. Sinabung akan selalu terkenang dan bersama KARO.


Leave a Reply