Petani Rugi Besar Akibat Debu Vulkanik Sinabung

0
170

merugifoto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktifitas Gunung Sinabung yang terus menerus mengalami erupsi disertai semburan debu vulkanik membuat petani di Kecamtan Brastagi, Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung) resah.

Tanaman sayur mayur muda di lahan pertanian mereka terancam mati setelah beberapa minggu terakhir ini diselimuti debu vulkanik yang disemburkan oleh letupan-letupan Sinabung. Gunung ini terus menerus mengalami erupsi disertai semburan debu vulkanik tebal.

Para petani sayur mayur muda di Kecamatan Berastagi dan sekitarnya betul-betul mulai resah. Tamanan sayur mayur muda seperti kentang kol, tomat serta sayur mayur lainnya yang berusia muda ini cukup rentan terhadap pengaruh dari debu vulkanik yang menutupi permukaan tanaman petani.

Menurut salah seorang petani, tanaman tomat miliknya saat ini sudah mengalami mati daun. Ini pertanda tanaman tomat diperkirakan tidak lagi akan tumbuh sempurna setelah terkena dampak abu vulkanik yang panas dan merusak tanaman sayur mayur muda. Para petani saat ini hanya bisa pasrah setelah debu vulkanik terus menerus menyelimuti tanaman sayur mayur mereka yang saat ini sudah cukup meresahkan.

Mereka hanya bisa memohon agar Pemerintah Kabupaten Karo memberikan solusi supaya petani tidak terus menerus merugi akibat bencana erupsi Gunung Sinabung.


Leave a Reply