Lokasi Wisata Ditutup Akibat Debu Sinabung

0
161

wahanafoto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Erupsi demi erupsi disertai semburan debu vulkanik Gunung Sinabung akhir-akhir ini terus berdampak semakin luas di Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung). Sepinya pengunjung tidak hanya terjadi di Berastagi yang memang diterpa hujan debu terus menerus, tapi juga Tongging yang sama sekali tidak pernah terkena debu vulkanik akibat erupsi Sinabung.

Sebagian para pengelola wisata di Berastagi terpaksa menutup usaha mereka karena tebalnya debu vulkanik menghujani lokasi usaha yang mereka kelola.

Pada musim libur saat ini terlihat sejumlah hotel di Berastagi sepi penginap dan lokasi wisata di sekitar Berastagi sepi pengunjung. Lokasi wisata wahana Funland Hotel Mikie Holiday, misalnya, terpaksa ditutup oleh pengelolanya diduga karena hampir seluruh wahana diselimuti debu vulkanik. Akibatnya, semua peralatan sulit dioperasikan saat ini.

Selain mengganggu lokasi wista di Berastagi dampak erupsi Sinabung juga dialami lokasi wisata lainnya yang sebenarnya tidak terkena debu vulkanik dari Sinabung. Sebagaimana terlihat saat ini, juga lokasi wisata Desa Tongging sepi pengunjung. Sepinya pengunjung ke Tongging membuat pengelola wisata di sana saat ini mengalami banyak kerugian.


Leave a Reply