Pesawat Hercules TNI AU Jatuh di Padangbulan (Medan)

1
190

alexander firdaustherculesALEXANDER FIRDAUST. MEDAN. Pesawat Hercules milik TNI AU jatuh di sebuah daerah pemukiman Suku Karo di Medan [Selasa 30/6: sekitar 11.55 WIB], tepatnya Jl. Jamin Ginting, Kelurahan Mangga atau biasa dikenal daerah Padangbulan.

Pesawat tepat terjatuh di pemukiman warga di pinggir  Jl. Jamin Ginting yang merupakan jalan lintas Sumatera Utara – Aceh. Reruntuhan pesawat juga turut menimpa sejumlah bangunan, diantaranya bangunan BS Oukup (Spa Tradisional Karo) serta sejumlah bangunan rumah toko (ruko) yang baru dibangun dan belum ditempati di sekitar lokasi kejadian.

Dari informasi terakhir yang diperoleh Sora Sirulo di lokasi kejadian, pesawat Hercules yang jatuh di pemukiman padat penduduk tersebut telah menyebabkan sekitar 70 jiwa korban meninggal yang kebanyakan warga sipil, dan sejumlah korban luka-luka.

Saat ini, puluhan korban telah dievakuasi menggunakan mobil ambulans menuju Rumah Sakit H. Adam Malik Medan yang tergolong cukup dekat ke tempat kejadian.

Selain mengakibatkan korban jiwa dan korban luka-luka, jatuhnya esawat Hercules ini juga turut mengakibatkan Jl. Jamin Ginting, mulai dari Simpang Pos hingga Simpang Selayang macet total. Untuk mengurai kemacetan sekaligus memperlancar arus lalu lintas dalam rangka mengevakuasi korban jatuhnya pesawat, petugas tampak mengalihkan jalur lalu lintas Jl. Jamin Ginting dari Kota Medan menuju Pancurbatu ke arah Simpang Pemda, Medan.

Hingga berita ini dinaikkan, masyarakat sekitar masih tumpah ruah di jalanan menyaksikan proses evakuasi bangkai pesawat dan pencarian korban yang dilakukan oleh petugas, baik dari Basarnas, TNI, dan Polri.



1 COMMENT

  1. Sangat menyedihkan, mengapa jatuh di pemukiman suku Karo. Lapangan terbang ini terlalu dekat ke perumahan penduduk. Dulu pesawat Mandala juga banyak koran al gubsu.
    Polonia ditutup saja paling aman bagi orang Karo dan juga tak ada artinya bagi kemajuan dan kebahagiaan suku Karo dan kulturnya. Ucapan belasungkawa kepada keluarga korban kecelakaan ini.

    MUG

Leave a Reply