Evakuasi Bangkai Hercules Berlanjut. 4 Pucuk Senjata Api Masih Dicari

0
193

hercules 8

 

 

Supir KPUM 23 Sukses Perawani Pacar di Malam Tahun Baruhercules 9IMANUEL SITEPU. MEDAN. Evakuasi korban jatuhnya pesawat Hercules C 130 yang terjatuh di Jl. Jamin Ginting, Km. 10 (Medan) [Selasa 30/6: Siang] masih terus dilanjutkan hari ini [Rabu 1/7].

Sejumlah personil dari TNI AU, TNI AD, Polri dan dari Tim SAR, terus bekerja mengangkat puing-puing pesawat dan reruntuhan bangunan untuk mencari korban jiwa.

“Hari ini, kita memfokuskan evakuasi terhadap bangkai pesawat,” kata Kapoldasu Irjen Eko Hadi Sutejo kepada Sora Sirulo di lokasi.

Pada kesempatan itu, Kapoldasu menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat karena harus menutup Jl. Jamin Ginting. Pun demikian, kata Kapoldasu, polisi telah mengalihkan 4 jalan alternatif, baik yang menuju Medan maupun menuju Dataran Tinggi Karo.

“Untuk mengamankan evakuasi hari ini, kita memasang kawat berduri agar proses evakuasi berjalan aman dan lancer,” kata Kapoldasu.

Ditambahkan oleh Pangdam I Bukit Barisan, Mayjend TNI Edy Rahmayadi, selain mengevakuasi bangkai pesawat, pihaknya masih mencari sejumlah amunisi dan senjata di dalam pesawat yang belum ditemukan.

“Sebanyak 14 senjata laras panjang telah ditemukan. Namun 4 pucuk senjata jenis pistol dan amunisi belum ditemukan. Kita masih mencari di balik puing-puing pesawat,” katanya.

Masih kata Edy, dari hasil evakuasi terhadap korban jiwa yang dilakukan Selasa kemarin hingga Tengah Malam, sebanyak 141 korban telah berhasil dievakuasi ke rumah sakit.Sesuai dengan data Manivest, pesawat Hercules tersebut bermuatan 113 penumpang dengan rincian 101 awak dan 12 kru.

“Artinya, korban selebihnya (sebanyak 28 orang lagi) adalah warga setempat,” bebernya.

Lanjut dikatakan, kita berharap proses evakuasi hari ini sudah selesai. Mudah-mudahan tidak ada lagi korban jiwa yang ditemukan. Sehingga proses evakuasi terhadap material tidak terkendala,” tuturnya.

Pantauan Sora Sirulo di lapangan, proses evakuasi terhadap bangkai pesawat terus dilakukan oleh tim gabungan dari TNI AU, TNI AD, Polisi dan Tim SAR. Terlihat, puluhan truk disiagakan untuk mengangkat serpihan pesawat. Bangkai ekor pesawat juga sudah mulai digeser ke pinggir jalan menggunakan alat berat jenis eskapator. Rencananya, seluruh serpihan badan pesawat akan diangkut ke Markas TNI AU Lanud Suwondo.


Leave a Reply