Foto Pilihan: INFORMAN

0
172
model 1
INFORMAN karya Rikwan Sinulingga

 

Juara R. Ginting 3JUARA R .GINTING. LEIDEN. Banyak macamnya fotografi. Fotografi jurnalistik adalah salah satu jenis fotografi yang punya kekhususan dan kekhasan sendiri.

Kadang redaksi menerima beberapa foto yang bagus sekali dan berseni tinggi, tapi kurang cocok menjadi foto pendamping berita sebagaimana dimaksudkan oleh reporter kita yang mengirim foto untuk melengkapi beritanya.

Sebaliknya, foto-foto berseni klas tinggi kadang hanya bisa pula dinikmati kalangan tertentu yang mengerti konteks di sekitar foto.

Satu foto di atas adalah contoh dari keduanya. Ketika fotografernya, Rikwan Sinulingga mengirimkannya ke redaksi untuk mendampingi beritanya yang berjudul Tak Mengungsi Tapi Hidup Mereka Terancam, kita berpikir untuk mengguntingnya agar cocok dan sepadan dengan penampilan berita. Namun, kita di dapur redaksi tetap menghargai foto ini sebagai sebuah karya seni.

Ketika konteksnya sudah dikenal, melalui teks berita yang telah dipublikasikan sebelumnya, nilai seni foto ini semakin tinggi untuk dinikmati sebagai sebuah karya seni fotografi. Selamat menikmati dan merenungkannya.

Hasil renungan maupun komentar-komentarndu terkait foto ini dan latar belakang/ konteksnya silahkan disampaikan di bawah ini.


Leave a Reply