Catur Karo Menggeliat di Kerja Tahun Medan 2015

0
237
kerja tahun 8
Pameran/ peragaan catur Karo di Kerja Tahun Kota Medan 2015

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. MEDAN. Catur Karo yang selama ini sudah mulai terlupakan, kini mulai lagi menggeliat. Setelah menyelesaikan turnamen catur Karo se Kota Medan baru-baru ini, kini Percaka (Persatuan Catur Karo) Medan mengadakan pagelaran pertandingan catur Karo di Kerja Tahun Kota Medan kemarin [Sabtu 4/7: Malam] di Medan Club Jl. RA. Kartini Medan.

Sebanyak 8 pemain catur Karo anggota Percaka Medan memamerkan dan membimbing para pengunjung. Mereka adalah Gema Kristo Tarigan, Rusmadi Ginting, Algin Ginting, Masmur Ginting, Fajar Singarimbun, Dhani Sembiring, Deschy br Sembiring, dan Inka.

Menurut Gema Kristo Tarigan yang juga Ketua Percaka Medan kepada Sora Sirulo, catur Karo perlu dicuatkan ke publik luas agar kembali dirasakan keberadaannya terutama di kalangan generasi muda Karo.

“Catur Karo pernah menjadi permainan yang membanggakan bagi kalangan Suku Karo. Bayangkan saja, pada masa Kolonial, beberapa pemain catur ini pernah mencuat di tingkat dunia. Salah satunya sebut saja seperti Narsar Purba alias Pa Kantur. Bahkan, setelah masa Kemerdekaan, beberapa pemain catur handal dari Taneh Karo pernah mengemuka di Indonesia seperti Monang Sinulingga, Cerdas Barus, dan Nasib Ginting. Mereka pada awalnya adalah pemain catur Karo,” ujarnya.

Selanjutnya Gema mengungkapkan, Percaka Medan sangat antusias ketika dari awal Ketua Umum penyelenggara Kerja Tahun Medan Roy Fachraby Ginting meminta mereka membuat pameran catur Karo di acara tersebut.

“Bang Roy meminta kita turut memeriahkan acara dengan pameran catur Karo. Mengingat acara ini pasti bakalan ramai dikunjungi, tentu saja pameran catur Karo sangat efektif dilaksanakan di acara Kerja Tahun ini,” terangnya.

kerja tahun 9
Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi (kiri) yang kakinya tertahan di pameran catur Karo. Ketua Percaka Gema Kristo Tarigan (mengenakan sarung dan kopiah) menjelaskan permainan catur Karo kepada Wagubsu.

Harapan Percaka Medan tampaknya telah menjadi kenyataan. Pasalnya, pameran catur Karo di acara Kerja Tahun itu berhasil mencuri perhatian puluhan bahkan ratusan pengunjung. Bukan cuma itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi yang turut hadir di acara Kerja Tahun Kota Medan juga datang dan kakinya tertahan di pameran catur Karo karena terpikat dan terpukau (lihat foto).



Leave a Reply