Jumlah Desa Untuk Direlokasi Meningkat di Rekomendasi Baru

0
199

foto nggunturnugrahaNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktifitas Gunung Sinabung masih terus mengalami peningkatan dalam kurun waktu beberapa minggu belakangan ini. Terdeteksi juga masih adanya aktifitas awan panas guguran ke arah Selatan dan Tenggara. Ini membuat pihak Badan Geologi kembali mengeluarkan Surat Rekomendasi daerah mana saja yang harus direlokasi.

Surat Edaran atau Surat Rekomendasi ini dikeluarkan oleh Badan Geologi di Bandung ke Posko Pengamatan Sinabung di Kecamtan Simpang Empat kemarin [Senin 6/7] untuk diteruskan ke Pemerintah Pusat dan Pemkab Karo.

Nantinya, sejumlah desa yang berada di lereng Gunung Sinabung yang masuk dalam rekomendasi segera direlokasi Tahap 3.

“Adapun desa-desa yang terdaftar di Rekomendasi Baru untuk direlokasi itu adalah antara lain Singggarang-garang, Sukanalu, Kuta Gugung dan Dusun Laukawar,” kata M. Nugraha Kepala Tanggap Darurat Bencana Erupsi Sinabung (PVMBG).

Surat Rekomendasi ini dikeluarkan oleh PVMBG dengan sejumlah alasan, diantaranya adalah bahwa sejumlah desa ini berada di dalam radius cukup dekat dengan Sinabung.

Selain itu, desa-desa ini terancam diterpa awan panas guguran yang mengarah ke Tenggara. Awan panas yang ini mulai mengarah ke desa-desa yang masuk di dalam Daftar Relokasi baru dari Badan Geologi ini.



Leave a Reply