Warga Relokasi Belum Dapat Lahan Pertanian

0
136
siosar 8
Pemukiman relokasi pengungsi Sinabung di Siosar. Foto: Astrea Purba)

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. 50 Kepala Keluarga (KK) yang sudah menempati lokasi relokasi saat ini. Sebagian lagi warga memilih tidak menempati rumah di lokasi relokasi karena, sebagaimana mereka sampaikan kepada Sora Sirulo, merasa tidak nyaman tinggal di sana. Soalnya, dulunya mereka dijanjikan memperoleh lahan pertanian, tapi nyatanya sampai sekarang mereka belum dapatkan secuil pun.

Akibatnya, pemukiman relokasi sepi tanpa aktifitas. Sebagian warga yang sudah sekitar sebulan menempati lokasi relokasi, sejak diresmikan oleh Mentri Kehutanan dan Kepala BNPB, meninggalkan pemukiman relokasi. Mereka memilih kembali ke Posko Pengungsian di Kabanjahe agar mereka bisa mencari nafkah di desa asal mereka.

Menurut salah seorang warga yang merasa tidak nyaman berada di pemukiman relokasi, mereka dulunya mengharapkan mendapat lahan pertanian seabgaimana dijanjikan, tapi ternyata tidak ada.

“Lahan pertanian dijanjikan ke pengungsi saat Presiden Jokowi berkunjung ke sini,” kata Nurlina beru Ginting (warga relokasi) kepada Sora Sirulo.

Warga berharap kepada pemerintah agar segera memberi mereka lahan pertanian.

“Dengan adanya lahan pertanian, kita dapat melanjutkan hidup seperti biasanya sehingga betah tinggal di pemukiman relokasi,” kata Nurlina.



Leave a Reply